EFEK KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Putri Nazla Ulfa, Agus Rahmadsyah

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang diukur menggunakan skala Likert dan dianalisis secara statistik menggunakan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F, uji t, dan koefisien determinasi setelah data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Pengolahan data dilakukan menggunakan program SPSS 25 for Windows. Secara parsial, kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini terlihat dari nilai F hitung yang lebih besar dari Ftabel, yaitu 39,563 > 3,09, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Uji koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,449, yang berarti bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 44,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v18i1.53781

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.