PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU BAGI SISWA SMP NEGERI 8 TEBING TINGGI
Abstract
Pembelajaran pada awal semester genap tahun 2012/2013 di kelas VII -1 SMPN 8 Tebing Tinggi lebih banyak dilakukan di dalam kelas, kurang bervariasi, dan kurang memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Hal ini dapat dilihat pada hasil ulangan harian KD 6.1, mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup ketuntasan klasikal hanya 68,57%. Hipotesis tindakan penelitian yang dilaksanakan adalah hasil belajar siswa dalam materi ciri-ciri makhluk hidup pada mata pelajaran IPA Terpadu, melalui pemberian model Kontekstual akan meningkat. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri atas tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengambilan data, dan refleksi. Keaktifan siswa mengalami kenaikan yaitu pada siklus 1 prosentase siswa aktif sebesar 63,88% sedangkan siklus 2 sebesar 91,66 %. Hasil belajar juga mengalami kenaikan pada ketuntasan klasikal dan rata nilai. Siklus 1 ketuntasan belajar sebesar 69,44 % dengan rata-rata nilai 69,73. Siklus 2 ketuntasan belajar 91,66 % dengan rata-rata nilai 88,92. Berdasarkan hasil tersebut, kualitas pembelajaran biologi di kelas VII-1 SMP Negeri 8 Tebing Tinggi mengalami peningkatan setelah diterapkan pendekatan kontekstual.
Kata kunci : Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar IPA Terpadu
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2149
Article Metrics
Abstract view : 335 timesPDF - 261 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.