PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IX SMP NEGERI 2 PANYABUNGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar bahasa Inggris siswa, khususnya Slice the Onion Please dengan penerapan model pembelajaran Role Playing. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing pada Formatif I menunjukkan 10 orang siswa tuntas secara individu, persentase ketuntasan dalam kelas 41,67%. Pada Siklus II, tuntas secara individu sebanyak 21 orang siswa, sedangkan persentase ketuntasan klasikal yaitu 87,50%. Dengan nilai rata-rata pada siklus I adalah 64,2 dan pada siklus II adalah 80,83. Data aktivitas siswa menurut kedua pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain: menulis/membaca (38%), bekerja (31% ), bertanya sesama teman (21%), bertanya kepada guru (5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (5%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain : menulis/membaca (30%), bekerja (38%), bertanya sesama teman (23%), bertanya kepada guru (7%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%).
Kata Kunci :Model, Role Playing
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2937
Article Metrics
Abstract view : 810 timesPDF - 772 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.