PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SEKOLAH DASAR MEDAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Banjarnahor, N., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. 2020. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 173418 Pollung. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 10(4), hal. 306–313, doi: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i4.20861.
Firmansyah, N. F. 2019. Peran gadget dalam membentuk pola interaksi sosial Mahasiswa jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Gede Yenny Apriani, D. 2021. Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Dan V di SD N 3 Candikuning. Jurnal Medika Usada, 4(1), hal. 7–11, doi: https://doi.org/10.54107/medikausada.v4i1.88
Hamdani, M. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Karwono, M. P. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar (Pertama). Depok: Rajagrafindo Persada.
Mailani, E. 2015. Penerapan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11.
Mailani, E. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Melalui Permainan Monopoli Pecahan. Jurnal Handayani, 4(1), 1–14.
Mailani, E., Simanihuruk, A., & Manurung, I. F. U. 2019. Pengembangan Media Berbasis Interactive Audio Interaction (IAI) Bagi Mahasiswa PGSD Unimed. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 9(4), 290–299.
Manurung, I. F. U., Mailani, E., & Simanuhuruk, A. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry Berbantuan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa PGSD. Js (Jurnal Sekolah), 4(September), 26–32.
Naibaho, D. E., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. 2020. Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), hal. 342–351, doi: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i4.20860.
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran S AVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.
Pardosi, B., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. 2020. Pengaruh Model SAVI terhadap Hasil Belajar pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 173593 Parsoburan. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 175–184.
Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.
Rozalia, M. F. 2017. Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.722-731
Sigalingging, R., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. 2021. Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pemebelajaran Tematik Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(3), 263–268.
Sihombing, S., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. 2020. Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 314–322, doi: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i4.20936.
Sinaga, R., & Tanjung, D. S. 2019. Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.
Sinurat, R., Tanjung, D. S., Anzelina, D., & Abi, A. R. 2021. Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Kelas IV di SDN 097376 Sippan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 14(1), 28–37.
Siregar, Z. D., Sinaga, R., & Marianus, S. M. 2022. Pengaruh Bullying terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 173416 Pollung. School Education Journal PGSD Fip Unimed, 12(2), 159–167, doi: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v12i2.35635.
Tanjung, D. S. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menerapakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) di Kelas V SDN 200111 Padangsidimpian. Jurnal Juril AMIK MBP, 4(1), 68–79.
Wahyuningsih, A., Widiawati, H., & Zulva, N. 2021. Upaya Bimbingan Belajar Orang Tua Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5640–56470. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1697
Wahyuningsih, A., Widiawati, H., & Zulva, N. 2021. Upaya Bimbingan Belajar Orang Tua Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5640-56470.
DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v12i3.36176
Article Metrics
Abstract view : 1190 timesPDF - 991 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.