PENINGKATAN KEMAMPUAN BICARA MELALUIPENDEKATANMULTI SENSORI DENGAN MEDIAGAMBAR PADA ANAK TUNARUNGU KELAS D.II-B DI SLB-E NEGERIPEMBINA MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research) ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan kemampuan bicara anak tunarungu dengan menggunakan pendekatan multisensori dengan media gambar. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas II SDLB yang berjumlah 8 orang yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat menerapkan pendekatan multisensoridan media gambar dalam kegiatan pembelajaran Bina Persepsi Bunyi dan Irama (BKPBI)dengan baik (75%) dan pada siklus II guru (peneliti) dapat menerapkan pendekatan multisensori dalam kegiatan pembelajaran Bina Persepsi Bunyi dan Irama (BKPBI) dengan sangat baik( 100%). Pada siklus I aktivitas siswa digolongkan dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat dan digolongkan dalam kategori baik.
Kata Kunci :Kemampuan Berbicara, Pendekatan Multisensori, BPBI
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i1.4169
Article Metrics
Abstract view : 477 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.