PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN RPP INOVATIF MELALUI KERJA PRAKTEK DENGAN TEKNIK UMPAN BALIK DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI

Parlindungan Parlindungan

Abstract


ABSTRAK

Innovation dalam Kamus Inggris-Indonesia (1984:323) berarti pembaharuan atau perubahan (secara) baru. RPP Inovatif adalah RPP pembaharuan yaitu RPP yang mengacu pada Peranturan Menteri Strategi Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik bertujuan dapat meningkatkan kemampuan guru  SMK NEGERI 1 Tebing Tinggi dalam menyusun RPP Inovatif Peneliti/supervisor mengumpulkan masing-masing sebuah RPP yang telah dibuat guru. Kemudian dikaji dan dinilai, diberikan umpan balik berdasarkan 8 (delapan) komponen sesuai dengan format penilaian RPP. Dari hasil-hasil yang dipaparkan, dapat dibuat simpulan bahwa hipotesis tindakan telah terbukti, Kegiatan Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik, terbukti dapat meningkatkan komitmen guru-guru  SMK NEGERI 1 Tebing Tinggi dalam menyusun RPP Inovatif. Indikator kinerja: Sekurang-kurangnya 85% guru menunjukkan komitmen yang baik dalam menyusun RPP Inovatif (nilai rata-rata 4,00-5,00) dalam skala 1-5, tercapai pada akhir siklus III dengan pencapaian 94%.

Kata Kunci: Inovatif, Kinerja, RPP

 

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4178

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.