PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN RPP INOVATIF MELALUI KERJA PRAKTEK DENGAN TEKNIK UMPAN BALIK DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI

Authors

  • Parlindungan Parlindungan Guru SMK Negeri 1 Tebing Tinggi

DOI:

https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4178

Abstract

ABSTRAK Innovation dalam Kamus Inggris-Indonesia (1984:323) berarti pembaharuan atau perubahan (secara) baru. RPP Inovatif adalah RPP pembaharuan yaitu RPP yang mengacu pada Peranturan Menteri Strategi Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik bertujuan dapat meningkatkan kemampuan guru  SMK NEGERI 1 Tebing Tinggi dalam menyusun RPP Inovatif Peneliti/supervisor mengumpulkan masing-masing sebuah RPP yang telah dibuat guru. Kemudian dikaji dan dinilai, diberikan umpan balik berdasarkan 8 (delapan) komponen sesuai dengan format penilaian RPP. Dari hasil-hasil yang dipaparkan, dapat dibuat simpulan bahwa hipotesis tindakan telah terbukti, Kegiatan Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik, terbukti dapat meningkatkan komitmen guru-guru  SMK NEGERI 1 Tebing Tinggi dalam menyusun RPP Inovatif. Indikator kinerja: Sekurang-kurangnya 85% guru menunjukkan komitmen yang baik dalam menyusun RPP Inovatif (nilai rata-rata 4,00-5,00) dalam skala 1-5, tercapai pada akhir siklus III dengan pencapaian 94%.Kata Kunci: Inovatif, Kinerja, RPP 

Author Biography

Parlindungan Parlindungan, Guru SMK Negeri 1 Tebing Tinggi

SMK Negeri 1 Tebing Tinggi

Published

2016-07-12