PROSES PEMBELAJARAN PRODUKTIF PEMASARAN DENGAN METODE ACTIVE LEARNING TYPE STAD PADA KELAS XI PEMASARAN 2 SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana minat belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Materi Melakukan Konfirmasi Keputusan Pelanggan. Aspek minat belajar siswa yang diteliti adalah variabel kemauan dalam belajar dengan indicator bertanya, variabel pengembangan penalaran deduktif dengan indikator menjawab pertanyaan, variabel keberanian menyampaikan gagasan dan minat dengan indikator mernberikan pendapat, variabel kesungguhan bekerja sesuai dengan prosedur dengan indikator mengikuti aturan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Kelas XI Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Tebing Tinggi, dengan sample siswa berjumlah 38 orang. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil yang diperoleh dari setiap siklus PTK dengan rata-rata pada siklus I adalah 30,55 %, siklus II adalah 72,22 %, dan siklus III adalah 89,81.
Kata Kunci : Metode Active Learning Type STAD, Minat Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4179
Article Metrics
Abstract view : 594 timesPDF - 208 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.