PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “KB” KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA TEBING TINGGI

Trianda Trianda

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan bantuan medai “KB”. Fungsi utama alat peraga adalah untuk menurunkan keabstrakan dari konsep, agar anak mampu menangkap arti sebenarnya dari konsep yang dipelajari. Pada tabel kategorisasi skor 0-34 kategori sangat rendah tidak ada peserta didik yang memperoleh kategori tersebut, skor 35-54 kategori rendah juga tidak ada peserta didik yang memperoleh skor tersebut. Untuk skor 55-64 kategori sedang terdapat 3 peserta didik yang mencapai kategori tersebut atau sekitar 11,55 persen, sedangkan untuk skor 65-84 kategori tinggi terdapat 19 orang atau sekitar 73,10 persen dan untuk skor 85-100 kategori sangat tinggi terdapat 4 peserta didik atau sekitar 15,38 persen peserta didikyang mencapai skor tersebut. Dengan demikian, jika kita kaitkan antara rata-rata skor dengan kategori skor, maka kemampuan lompat Jauh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kota Tebing Tinggi pada siklus II termasuk kategori tinggi.

Kata Kunci : KB, Peningkatan Kemampuan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i2.4190

Article Metrics

Abstract view : 272 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.