PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIMED

Charles Fransiscus Ambarita , Pebri Hastuti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah akan terdapat perbedaan hasil belajar pada mahasiswa yang belajar dengan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan keterampilan proses. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 1 program studi pendidikan ekonomi dengan sampel berjumlah 90 orang yang dibagi menjadi dua kelas sampel yaitu 47 orang berada di kelas Eksperimen dan 43 orang di kelas kontrol. Berdasarkan pengujian secara deskriptif maupun secara statistik diperoleh level sig. 0,031 lebih kecil dari α=0,05 yang berarti bahwa terjadi perbedaan hasil belajar mahasiswa yang belajar dengan pendekatan keterampilan proses pada mata kuliah Pengantar Akuntansi. Dapat disimpulkan siswa lebih menguasai materi Perusahaan jasa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses dibandingkan dengan pembelajaran dengan pendekatan konvesional.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Keterampilan Proses


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i2.5910

Article Metrics

Abstract view : 316 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.