UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII-3 SMP NEGERI 8 TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di Kelas VIII SMP Negeri 8 Tebing Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode Contextual Teaching Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah daftar nilai siswa. Berdasarkan tes awal (pre test) dari 30 siswa terdapat 27 orang siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah (belum tuntas). Kemudian pada siklus I terdapat 10 orang siswa yang termasuk pada kategori tuntas. Pada siklus II terdapat 23 orang siswa termasuk dalam kategori tuntas. Hasil penelitiaan menunjukkan sudah terjadinya peningkatan yang signifikan.
Kata kunci: Hasil belajar, Contextual Teaching Learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6837
Article Metrics
Abstract view : 306 timesPDF - 226 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.