EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 8 TEBING TINGGI

Basir Purba

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 23. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tebing Tinggi. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 188 orang dengan rincian 97 orang untuk kelas eksperimen 1 dan 91 orang untuk kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan angket gaya belajar siswa. Uji keseimbangan menggunakan uji rerata t, dengan  diperoleh kesimpulan bahwa kedua kelompok eksperimen dalam keadaan seimbang.

 

Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Problem Posing


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6838

Article Metrics

Abstract view : 293 times
PDF - 247 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.