UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 168294 TEBING TINGGI

Authors

  • Rotua Pasaribu Guru SD NEGERI 168294 TEBING TINGGI

DOI:

https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6861

Abstract

ABSTRAKPermasalahan dalam PTK ini adalah Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa untuk œMenyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Proses Belajar Mengajar (PBM)  Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 168294 Tebing Tinggi? dan Bagaimana siswa menyikapi relevansi penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  pada PBM Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan  hasil belajar?     Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 168294.  Objek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 168294 Tebing Tinggi  yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yaitu, Siklus awal (45,71 %), Siklus I (76,26 %), Siklus II (92,18%). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan metode Tipe Kooperatif  STAD padamata pelajaran PKNdapat membantu siswa dalam memahahi konsep pembelajaran dan mengasyikan untuk belajar bersama. Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Metode STAD

Author Biography

Rotua Pasaribu, Guru SD NEGERI 168294 TEBING TINGGI

SD NEGERI 168294 TEBING TINGGI

Published

2017-07-18