Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Gerak Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Sepakbola
Abstract
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di SMPN 1 Sumber Kabupaten Cirebon keterampilan teknik dasar sepakbola kelas VIII masih kurang, sehingga perlu ada solusi untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar sepakbola. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran dan kemampuan gerak terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen faktorial 2x2. Populasi 58 siswa putra kelas VIII A, F dan G SMPN 1 Sumber Kabupaten Cirebon. Sampel 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan ANAVA 2x2 dengan taraf signifikansi =0,05, dilanjutkan dengan uji Tukey dan uji pasangan dengan t-Scheffe untuk membandingkan 2 kelompok. Hasil penelitian, yaitu 1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran taktis dan TGT terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, 2) ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan gerak tinggi dan rendah terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, 3) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan gerak terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, 4) ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran taktis dengan kemampuan gerak tinggidan model pembelajaran TGT dengan kemampuan gerak tinggi. 5) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran taktis dengan kemampuan gerak rendahdan model pembelajaran TGT dengan kemampuan gerak rendah.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Kemampuan Gerak, Sepakbola
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/so.v3i2.15198
Article Metrics
Abstract view : 470 timesPDF - 309 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional