PENGARUH STATUS GIZI, KEBUGARAN JASMANI, DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Kamal Firdaus, Nikmatullaili Nikmatullaili, Hendri Neldi, Willadi Rasyid

Abstract


Masalah pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Kota Padang bahwa hasil belajar PJOK yang dimiliki masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel status gizi, kebugaran jasmani, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan Path Analysis. Subyek penelitian adalah siswa MTS Al-Falah Kota Padang berjumlah 75 orang siswa. Data dikumpulkan dengan pemeriksaan secara langsung dengan IMT untuk status gizi, tes kebugaran jasmani untuk kebugaran jasmani, dengan menyebarkan angket untuk motivasi belajar dan hasil nilai rapor siswa semester II untuk hasil belajar PJOK. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Status gizi berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar PJOK adalah sebesar 21,5% dengan kategori kurang. (2) Kebugaran jasmani berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar PJOK adalah sebesar 29,1% dengan kategori kurang. (3) Motivasi belajar berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar PJOK sebesar 49.9% dengan kategori sangat baik. (4) Status gizi berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar PJOK melalui motivasi belajar sebesar 31,2% dengan kategori baik. (5) Kebugaran jasmani berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar PJOK melalui motivasi belajar sebesar 37,8% dengan kategori baik

 

Kata kunci: Status Gizi, Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PJOK

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/so.v7i2.29094

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional