PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK DASAR TUMPUAN PADA PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar tumpuan lompat jauh pada siswa kelas VII MTs Yapila Kota Langsa melalui modifikasi permainan tradisional engklek. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk pre-experimental design. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil rata-rata tes awal 15,54 dan rata-rata tes akhir 17,68, mengalami peningkatan sebesar 2,11. Hasil uji-t nilai dari ttest 9,899 lebih besar dari nilai ttabel 2,052, Terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap hasil lompat jauh siswa VII MTs Yapila yang signifikan. Persentase peningkatan adalah sebesar 13,77% dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat jauh melalui permainan tradisional engklek dari tes awal sampai tes akhir mengalami peningkatan, dapat dikatakan melalui penerapan modifikasi permainan tradisional engklek dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Lompat jauh, gerak dasar, engklekFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/so.v6i1.33571
Article Metrics
Abstract view : 245 timesPDF - 187 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional