PENERAPAN KOMPONEN FUNGSIONAL TOTAL QUALITY MANAGEMENT KLUB BOLA VOLI SURYA MUDA SALATIGA

Evi Puspita Denisa, Siti Baitul Mukarromah

Abstract


Klub bola voli Surya Muda Salatiga adalah klub bola voli yang berbasis klub binaan dari usia dini sampai dengan senior yang bernaung di bawah PBVSI Kota Salatiga. Didirikan oleh Bapak Suprasetyo pada tanggal 21 Juli 1996 dengan “SURYA MUDA” di Desa Blotongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi alat-alat manajemen kualitas dan dimensi kualitas jasa untuk melihat bagaimana penerapan komponen fungsional total quality management Klub Bola Voli Surya Muda Salatiga. Subyek penelitian yaitu peserta binaan usia dini sampai dengan atlet senior klub bola voli Surya Muda Salatiga yang berjumlah 66 atlet. Penelitian ini berfokus pada praktik manajemen di klub olahraga dan metode yang telah dikembangkan untuk memperkenalkan prinsip-prinsip pelayanan dan manajemen kualitas di dalam sebuah organisasi. Tingkat kualitas layanan dengan pengelolaan manajemen kualitas layanan di Klub Bola Voli Surya Muda Salatiga dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan karena semua hasil persentase dalam kategori sangat baik. Untuk hasil persentase dari tingkat kualitas layanan jasa 80% sedangkan pengelolaan manajemen kualitas layanan 76%. Saran untuk dimensi kualitas jasa atau kualitas pelayanannya perlu memperhatikan pada faktor competence.

Kata kunci: Manajemen kualitas, Dimensi kualitas jasa, klub bola voli

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/so.v7i2.47692

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional