PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES for UNDERSTANDING (TGfU) PADA KETERAMPILAN PERMAINAN BOLA BASKET

Authors

  • Riska JH Jundiah Universitas Riau
  • Aref Vai Universitas Riau
  • Kristi Agust Universitas Riau
  • Siti Maesaroh Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.24114/so.v9i1.65447

Abstract

Pendidikan memerdekakan masyarakat dari ketertinggalan dan memberi pemahaman orang tentang hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Kurikulum bebas dimulai pada tahun ajaran 2022/2023 dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup generasi berikutnya dengan memberikan kebebasan guru untuk memilih sumber daya pendidikan yang paling sesuai dengan kebutuhan siswa. Pengaruh model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap keterampilan permainan bola basket siswa kelas X di SMKN 7 Pekanbaru dievaluasi melalui pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMKN 7 Pekanbaru yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa di kelas secara signifikan meningkat dibandingkan dengan nilai kelas sebelumnya; nilai Sig. (2tailed) < alpha (0,000 < 0,05), yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil observasi dan wawancara dengan guru PJOK menunjukkan bahwa pembelajaran TGfU meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa selama pembelajaran. Ini berdampak positif pada kemampuan permainan bola basket siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran TGfU telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan permainan bola basket siswa kelas X di SMKN 7 Pekanbaru.

Downloads

Published

2025-04-15

Issue

Section

Articles