PENGARUH TEKNIK DASAR SEPAK BOLA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PESERTA DIDIK HAMBATAN PENGLIHATAN

Authors

  • Mella Sovianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Budi Susetyo Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/so.v8i2.66165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan teknik dasar permainan sepak bola dalam pendidikan jasmani adaptif terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar peserta didik tunanetra di SLB Negeri A Pajajaran Kota Bandung. Berdasarkan hasil observasi kemampuan motorik kasar peserta didik masih tergolong rendah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan yaitu desain A-B-A. Penelitian ini dilakukan terhadap seorang peserta didik berinisial E kelas IV di SLBN A Pajajaran Kota Bandung. Pengambilan data menggunakan tes kinerja yang mengacu pada instrumen kemampuan motorik kasar sebelum, saat dan setelah diberikan perlakuan. Terdapat tiga fase dalam pengumpulan data, pertama baseline-1, kedua intervensi, dan ketiga baseline-2. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan kemampuan motorik kasar yang cukup signifikan, hal ini ditunjukan berdasarkan hasil mean level pada fase baseline-1 (A-1) sebesar 40%, intervensi (B) sebesar 68,09% dan baseline-2 (A-2) sebesar 86,66%. Pengaruh juga dapat dilihat dari persentase overlap. Persentase overlap antar kondisi baseline 1 dan fase intervensi maupun fase intervensi ke baseline 2 yaitu 0, yang artinya semakin kecil persentase overlap maka semakin baik pengaruh intervensinya. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa teknik dasar permainan sepak bola dalam penjas adaptif berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar pada peserta didik tunanetra di SLBN A Pajajaran Kota Bandung.

Downloads

Published

2024-10-15

Issue

Section

Articles