SURVEI MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN FASILITAS OLAHRAGA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Budi Valianto, Dewi Hamda M. Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Masyarakat untuk Menggunakan Fasilitas Olahraga di Universitas Negeri Medan Tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Pengumpulan data menggunakan angket berupa angket jenis tertutup atau kuesioner tertutup (close). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang menggunakan fasilitas olahraga di Universitas Negeri Medan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berlapis acak (stratified random sampling) berdasarkan usia yakni kategori dewasa dini pada usia 18 tahun sampai usia 40 tahun dan usia dewasa madya dimulai dari usia 40 tahun sampai usia 60 tahun.

Angket yang dibuat diuji coba terlebih dahulu. Hasil uji coba angket memiliki validitas dengan rhitung > 0,444 dan reliabilitas r11 = 0,886. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari 32 butir pernyataan dengan 60 responden untuk indikator perhatian (attention), diperoleh persentase sebesar 74,5% dengan kategori “Tinggi”. Untuk  indikator ketertarikan (interest), diperoleh persentase sebesar 71,6% dengan kategori “Tinggi”. Untuk  indikator keinginan (desire), diperoleh persentase sebesar 77,3% dengan kategori “Tinggi”. Untuk indikator keyakinanan (conviction), diperoleh persentase sebesar 81,0% dengan kategori “Sangat Tinggi”. Untuk  indikator keputusan (decision), diperoleh persentase sebesar 81,5% dengan kategori “Sangat Tinggi” dan untuk  indikator tindakan (action), diperoleh persentase sebesar 77,7% dengan kategori “Tinggi”.

Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan Minat Masyarakat Untuk Menggunakan Fasilitas Olahraga Di Universitas Negeri Medan Tahun 2017 termasuk dalam kategori “Tinggi” dengan persentase rata-rata 77,3%.

 

Kata kunci : Minat, Fasilitas olahraga

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/so.v1i2.7786

Article Metrics

Abstract view : 346 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional