Hubungan Antara Gaya Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas V SD Negeri 060967 Medan Belawan
DOI:
https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.67891Kata Kunci:
gaya belajar auditori, gaya belajar visual, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar belajar dan hasil belajar Bahasa Inggris kelas V SD Negeri 060967 Medan Belawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 060967 Medan Belawan yang berjumlah 34 orang siswa dengan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa syarat hipotesis diterima berdasarkan uji korelasi product moment adalah jika thitung > ttabel, thitung = 0.486 dan ttabel = 0,348, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Siswa dengan gaya belajar visual sebanyak 18 orang (52,94%), gaya belajar auditori 8 orang (23,52%), gaya belajar kinestetik 5 orang (14,70%), gaya belajar visual auditori 1 orang (2,94%), dan gaya belajar visual kinestetik 1 orang (2,94%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa gaya belajar dan hasil belajar Bahasa Inggris kelas V SD Negeri 060967 Medan Belawan memiliki hubungan (korelasi).Referensi
Afifah, I. N., Rohmania, Q. N., Fatnatin, & Primandiri, P. R. (2021). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa SMAN 1 Kediri Dalam Proses Pembelajaran. Inovasi Penelitian Dan Pengambian Kepada Masyarakat Untuk Penguatan Merdeka Belajar Di Masa Pandemi, Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.Banggo, Y. M. (2023). Analisis gaya belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(1), 74-78.
Basuki, K. (2019). Gaya Belajar. Jurnal Online Internasional & Nasional, 53(9), 1689–1699.
Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.
Dasep, M., Salsabila, R., & Azzahra, M. A. (2023). Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Abdi Nusa, 3(3), 157-163.
Magdalena, I., & Luthfiyah, J. (2020). Strategi Guru Dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas 3 Di Sd Negeri Tangerang 5. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 151–168. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Edisi
Marlina, L., & Sholehun, S. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas iv sd muhammadiyah majaran kabupaten sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 66-74.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
Nabela, S., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2021). Pengaruh kompetensi profesional dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(1), 12-16.
Nasution, F. Z., & Elvira, E. (2022). Memahami Gaya Belajar untuk meningkatkan Potensi Anak. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 10-23.
Novitasari, L., & Wulandari, R. S. (2021). Integrasi Nilai Karakter melalui Desain Bahan Ajar Bahasa Inggris untuk Usia Dini. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 62-77.
Parwati, S. (2024). Analisi Gaya Belajar Visual, Ouditori Dan Kinestetik Dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhwan Sesait, Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2098–2103. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V9i3.2655
Putra, R. P., Yaqin, M. A., & Saputra, A. (2024). Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Jurnal Of Islamic And Education Research, 2(1), 149–158.
Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296.
Setiawan, A. (2024). Memodifikasi Sistem Pendidikan di Sekolah Menengah dengan Pemberdayaan Media Digital dan Keterampilan Informasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(6), 23-38.
Silitonga, A. E., & Magdalena, I. (2020). Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 17–22. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Simanjuntak, E., & Khairina, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas Iv Sd Negeri 101775 Sampali. Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed, 9(2), 17–24.
Sunardi, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2019/2020 Pada Materi Hukum Termodinamika dengan Model Pembelajaran Inkuiri di SMAN 14 Tebo. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.
Thoha, M., & Priatna, S. (2021). Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Banten: Media Madani.
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.
Windriani, B. N., Jaelani, A. K., & Darmiyani, D. (2021). Hubungan Gaya Belajar Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siwa Kelas V SDN 5 Gunung Rajak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3(2), 98-104.
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24.
Zainudin, Z., & Ubabuddin, U. (2023). Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(3), 915-931.