Penerapan Teknologi Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli

Penulis

  • Lorenza Mei Lusiana Gulo Universitas Nias
  • Wahyutra Adilman Telaumbanua Universitas Nias
  • Bezisokhi laoli Universitas Nias
  • Arianto Lahagu Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.68613

Kata Kunci:

teknologi augmented reality, hasil belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti pada saat pelaksanaan proses pembelajaran di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui penerapan teknologi Augmented Reality  pada mata Pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli, dan (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Terpadu melalui penerapan teknologi Augmented Reality di kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan di kelas VIII-G dengan jumlah siswa 32 orang sebagai sampel dan populasi. Berdasarkan hasil yang di ketahui peneliti dilapangan di ketahui bahwa : (1) hasil observasi untuk guru pada siklus pertama mencapai rata-rata 65,17%, sedangkan pada kegiatan siklus kedua mencapai 87,5%. (2) hasil observasi siswa pada kegiatan aktivitas siswa pada siklus I mancapai rata-rata 50,89% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88%. (3) hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I 76,57%, dan siklus ke II mengalami peningkatan dari hasil siklus sebelumnya yaitu sebesar 90,88%, persentase ketuntasan yang di capai pada siklus I adalah sebesar 46,87%, siklus ke II mencapai sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan teknologi Augmented Reality ini memberikan peningkatan serta pemahaman kepada siswa. Sehingga penerapan teknologi Augmented Reality memberi peningkatan yang baik dan hasil belajar pada mata Pelajaran IPS Terpadu kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli.

Referensi

Alfitriani N, dkk. 2021. Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30-38. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP.

Artama Syaputra, dkk. 2023. Evaluasi Hasil Belajar. Deli Serdang: PT. Mifandi Mandiri Digital.

Dani H. 2021. STUDI TERHADAP MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KD MEMAHAMI JENIS-JENIS ALAT BERAT. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(1), 1-5.

Dewi, N. S. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 8 Metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro)

Dianti H. Setiya, dkk.2025. PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS. Vol. 19. Hal. 16-28. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JTI

Hamdani R, Sumbawati M. Sondang. 2020. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA KULIAH SISTEM DIGITAL DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNESA. JURNAL IT-EDU, 4(52), 153-161.

Hutauruk Ahmad Fakhri,dkk.2022.MEDIA PEMBELAJARAN DAN TIK. Pematangsiantar : Yayasan Kita Menulis.

Kamaruddin R, Thahir R. 2021. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAHAR BIOLOGI SISWA SMA. Vol.1. Hal. 26.

Kusuma J. Wijaya,dkk.2023. Dimensi Media Pembelajaran. Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Leliavia. 2023. LITERATURE REVIEW: MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI INOVASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Pengembangan SDM dan Kebijakan Publik, 4(1), 1-12.

Logayah D. Siti, et al. 2023. Pengembangan Augmented Reality Melalui Metode Flash Card Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol.7. Hal. 327. https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Mahdalena, M. (2022). Pengaruh Minat Belajar, Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4, 5 dan 6 Pada SDN Binuang 4 da. KINDAI, 18(2), 332-351

Masri, dkk. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran (JPPP), 4(3), 209-216.

Mustaqim I. 2016. PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174-183.

Pagarra Hamzah, dkk. 2022. MEDIA PEMBELAJARAN. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Permana R, et al. 2022. Penerapan Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality dalam Peningkatan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Vol.29. Hal.7. https://jmi-upiyptk.org/ojs.

Purba Pratiwi Bernadetta, dkk. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Deli Serdang: Yayasan Kita Menulis.

Purwanto (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Hal.17

Putra, D. E., Hefni, H., & Erningsih, E. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa dan Strategi Guru Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8913-8920.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 289-302

Rahmawati, A. Dhea, dkk. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran “Siar” Berbasis Augmented Reality untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2584-2593.

Rofi’i, A, dkk. 2023. Implementasi Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 344-350)

Salmanura F, Hendri N. 2024. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VIII SMP. Vol.3. Hal. 367. https://doi.org/10.58578/aldyas.v3i1.2699.

Salsabila B, dkk. 2023. Pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Kelas VII SMPN 1 Rambah. Journal on Education, 6(1), 856863. http://jonedu.org/index.php/joe.

Setiawan, A Hasni. 2021. STUDI TERHADAP MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KD MEMAHAMI JENIS-JENIS ALAT BERAT. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(1), 1-5.

Sidik M. Fauzan,Vivianti. 2021. PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI INSTALASI JARINGAN KOMPUTER.Vol.8. Hal.18.

Shoffa Shoffan,dkk.2023.MEDIA PEMBELAJARAN.Sumatera Barat : CV. Afasa Pustaka.

Sulaeman A. Nur Fadillah, dkk. 2024. PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID PADA MATERI STRUKTUR KRISTAL. ATIKANOTO: Journal of Automotive Engineering Education, 1(1), 51-62.

Sungkono S, dkk. 2022. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa.

Yusup, A Hidayanti, dkk. 2023. Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. Jurnal Pendiidkan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 3(5), 209-217.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Gulo, L. M. L., Telaumbanua, W. A., laoli, B., & Lahagu, A. (2025). Penerapan Teknologi Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli. Jurnal Tematik, 14(1), 77–84. https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.68613

Terbitan

Bagian

Articles