PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MICROSOFT EXCEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 BATANGKUIS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran TIK dengan menggunakan metode tutor sebaya. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa, pada observasi awal siswa yang bermotivasi tinggi hanya sebanyak 13.95% dengan rerata capaian 42.83% dari indikator motivasi belajar, meningkatan menjadi 22.73% dengan rerata capaian 44.21% pada pertengahan siklus 1 dan menjadi 50.00% dengan rerata capaian 68.04% pada akhir siklus 1. Pada pertengahan siklus 2 siswa yang bermotivasi tinggi naik mencapai 77. 27% dengan rerata capaian 73.65%, dan di akhir siklus 2 mencapai 88.64% dengan rerata capaian 76.56% dari indikator motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Motivasi, Tutor Sebaya, Metode Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2982
Article Metrics
Abstract view : 483 timesPDF - 323 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.