Pengaruh Penggunaan Ragi Alami Ekstrak Buah Jambu Air Cincalo Merah (Syzygium samarangense) pada Pembuatan Kue Kamir Terhadap Daya Terima Konsumen

Nurul Karimah, I Gusti Ayu Ngurah S, Sachriani ,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis pengaruh ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah pada pembuatan kue kamir, kue tradisional khas pemalang yang dapat diterima oleh konsumen berdasarkan aspek volume, warna, aroma, tekstur, dan rasa. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Pastry dan Bakery Program Studi Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Jakarta. Waktu penelitian dimulai pada bulan November 2019 hingga Agustus 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan adalah kue kamir dengan ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah sebanyak 40%, 50%, dan 60%. Uji organoleptik dilakukan pada 30 panelis tidak terlatih. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik menggunakan uji Friedman dengan taraf α =0,05 menunjukkan bahwa aspek warna, aroma, tekstur dan rasa menerima H0 yang artinya tidak ada pengaruh penggunaan ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah dengan persentase 40%, 50%, dan 60% pada pembuatan kue kamir terhadap daya terima konsumen. Namun, pada aspek volume H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah, sehingga dilakukan uji lanjutan yaitu uji Tuckey’s. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kue kamir dengan ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah dengan persentase 50% dan 60% menunjukkan hasil tidak berbeda nyata. Hasil kesimpulan dari penilaian uji organoleptik secara umum yang paling disukai oleh panelis dari aspek volume, warna, aroma, tekstur, dan rasa adalah kue kamir dengan penggunaan ragi alami ekstrak buah jambu air cincalo merah pada pembuatan kue kamir dengan persentase 50% dan 60%.


Full Text:

PDF

References


Agatta, A. (2019). Upaya Pemanfaatan Ragi Alami Kismis ( Vitis Vinifera L .) Terhadap Kue Serabi. HealthSciences, 1.

Alfrosia, A. (2014). Penambahan Tepung Kacang Hijau Pada Kue Khamir Terhadap Daya Terima Konsumen. UNJ.

Cahyana, C. &. (2014). Bahan dan Fungsi Bahan dalam Pembuatan Roti. Universitas Negeri Jakarta (LPP Press).

Darmawan, B. (2016). Pengaruh Penambahan Tape Singkong Terhadap Beberapa Karakteristik Kue Kamir. Teknologi Pangan, 2. Husin Syarbini, M., & Casofa, F. (2013). A-Z bakery : referensi komplet fungsi bahan, proses pembuatan roti dan panduan menjadi bakepreneur (F. Casofa (ed.)). Metagraf.

Junita. (2019). Homemade Snack’s & Dessert’s Ala Xander’s Kitchen. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kuswandi. (2008). Produksi benih Jambu air Secara Klonal. Balai Penelitian Tanaman Buah Tripoka.

Mahdiyah. (2014). Statistik Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Muhariati, M. (2008). Bahan Ajar Roti. Depok: UI-Press.

Ningtias, N. I. C. (2017). Jajanan Khas Kampung Arab “ Kamir ” Sebagai Bentuk Akulturasi Budaya Jawa Dan Arab Di Pemalang [Skripsi]. Jurusan Sosiologi dan Atropologi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Pudjiastuti, E. (2015). Jambu Air Ekslusif. PT Trubus Swadaya.

Riana, A., Cahyana, C., & Ridawati. (2020). Pengaruh Penggunaan Ragi Alami Ekstrak Buah Pepino ( Solanum Maricatum Aiton ) Pada Pembuatan Kue Bika Ambon Medan Terhadap Daya Terima Konsumen. Journal of Nutrition and Culinary (JNC), 1(1), 1–11.

Sangjin, K. (2012). Roti Sehat dan Lezat dengan Ragi Alami (M. Ranala (ed.)). Indonesia Tera.

Setiati, dewi tri. (2018). Pengaruh Penggunaan Ragi Alami Ekstrak Buah Mentimun ( Cucumis sativus L .) Pada Pembuatan Roti Manis Terhadap Kualitas Dan Daya Terima [Skripsi]. Jurusan Pendidikan TataBoga. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Jakarta

Widodo, P. (2018). Jambu Semarang & Jambu Air (Issue October 2015). Tim BPU Universitas Jendral Soedirman.




DOI: https://doi.org/10.24114/jnc.v2i2.32970

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.