Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta di Karanganyar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisendjaja, Yusuf Hilmi . (2007) . Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. UPI. Bandung.
Arohman, M., Saefudin, S., & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. Prosiding Seminar Biologi, 13(1), 90–92.
Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 179-191.
Basam, F., & Ani Rusilowati, S. R. (2018). Profil Kompetensi Sains Siswa salam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik. Pancasakti Science Education Journal, 3(1), 1-8.
Cintamulya, I. (2012). Peranan Pendidikan Dalam Mempersiapkan Sumber. Jurnal Formatif, 2(2), 90–101.
Dewi, F. (2015). Proyek Buku Didital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik, 9(2), 1–15.
Gormally, C., Peggy B., dan Mary L., (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Undergraduates‘ Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE-Life Sciences Education. Vol. 11, 364-377.
Hidayah, Ratna., Salimi, M., Susanti, T. . (2017). Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 1(2), 127–134.
Horrigan J. (2006). The Internet as a Resource for News and Information about Science. (online)
MaKinster J.G, Beghetto R.A, Plucker J.A. (2002). Why can‘t I find Newton‘s third law? Case studies of students‘ use of the Web as a science resource. J Sci Educ Technol. Vol. 11, 155–172.
OECD. (2016). PISA 2015: Results in focus. Pisa 2015, (67), 16. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en
Permanasari, A. (2010). “Membangun Keterkaitan antara Mengajar dan Belajar Pendidikan Sains SMP untuk Meningkatkan Science Literacy Peserta didik” dalam Hidayat, T., Kaniawati, I., Suwarna, R. I., Setiabudi, A., & Suhendra, Teori, Paradigma, Prinsip dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam konteks Indonesia. Bandung: JICAFMIPA UPI.
Purwanto, M.N. (2008). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131-146.
Rizkita, L., Suwono, H., & Susilo, H. (2016). The Analysis Of Initial Ability Of Student’s Scientific Literacy In High School In Malang. Prosiding Seminar Nasional II Tahun, (2), 771–781.
Silitonga, P., & Mara Bangun, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training dan Kreativitas terhadap keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 44-50.
Windyariani, S. (2017). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sd Pada Konteks Melestarikan Capung. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 17–21.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762
DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10123
Article Metrics
Abstract view : 2202 timesPDF - 2342 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810