Editorial Policies

Focus and Scope

ALTRUISTIK : Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan mempulikasikan artikel orisinil yang berkaitan dengan topik-topik berikut ini :

  • Konseling di Sekolah
  • Psikologi Konseling
  • Konseling Karir
  • Konseling Keluarga
  • Konseling Perkawinan
  • Kesehatan Mental
  • Pengembangan Teori Konseling
  • Etika Konseling Profesional
  • Konseling Multikulturan
  • Program Pelayanan Konseling
  • Psikologi Pendidikan
  • Media dan Teknologi Bimbingan dan Konseling
  • Pendidikan dan Pembelajaran

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Publication Frequency

Jurnal ini terbit 2 (Dua) Kali dalam setahun

Mei dan November

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Pengecekan Plagiasi

Dewan redaksi Jurnal Altruistik mengakui bahwa plagiarisme tidak dapat diterima dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan tertentu (penalti) setelah mengidentifikasi plagiarisme/persamaan dalam artikel yang diajukan untuk dipublikasikan di Jurnal Altruistik. Jurnal Altruistik akan menggunakan perangkat lunak pemeriksa orisinalitas Turnitin sebagai alat untuk mendeteksi kesamaan teks dalam manuskrip artikel dan artikel versi final yang siap dipublikasikan. Maksimal 25% kesamaan diperbolehkan untuk makalah yang dikirimkan. Jika kami menemukan lebih dari 25% indeks kesamaan, artikel akan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki dan dikirim ulang.

 

Definisi:
Plagiarisme melibatkan "penggunaan atau tiruan dekat bahasa dan pemikiran penulis lain dan representasi mereka sebagai karya asli sendiri."

Aturan:
Artikel harus asli, tidak diterbitkan, dan tidak menunggu publikasi di tempat lain. Setiap bahan yang diambil kata demi kata dari sumber lain perlu diidentifikasi secara jelas berbeda dari teks asli yang ada dengan (1) lekukan, (2) penggunaan tanda kutip, dan (3) identifikasi sumber.

Setiap teks dengan jumlah yang melebihi standar penggunaan wajar (di sini didefinisikan sebagai lebih dari dua atau tiga kalimat atau yang setara dengannya) atau materi grafis apa pun yang direproduksi dari sumber lain memerlukan izin dari pemegang hak cipta dan, jika memungkinkan, penulis asli dan juga memerlukan identifikasi sumber; misalnya, publikasi sebelumnya.

Ketika plagiarisme diidentifikasi, Pemimpin Redaksi bertanggung jawab untuk meninjau makalah ini dan akan menyetujui tindakan sesuai dengan tingkat plagiarisme yang terdeteksi dalam makalah sesuai dengan pedoman berikut:

 

Tingkat Plagiarisme

Plagiarisme Kecil

Sebuah kalimat kecil atau paragraf pendek dari naskah lain dijiplak tanpa ada data atau ide penting yang diambil dari makalah atau publikasi lain.

Hukuman: Sebuah peringatan diberikan kepada penulis dan permintaan untuk mengubah naskah dan mengutip sumber aslinya dengan benar.

Plagiarisme Menengah

Data, paragraf, atau kalimat penting dari sebuah artikel dijiplak tanpa kutipan yang tepat dari sumber aslinya.

Hukuman: Artikel yang dikirimkan secara otomatis ditolak.

Plagiarisme Tinggi

Sebagian besar artikel adalah plagiat yang melibatkan banyak aspek seperti mereproduksi hasil asli (data, rumusan, persamaan, hukum, pernyataan, dll), ide, dan metode yang disajikan dalam publikasi lain.

Hukuman: Makalah secara otomatis ditolak dan penulis dilarang mengirimkan artikel lebih lanjut ke jurnal.

 

Manajemen Referensi

Referensi ke publikasi lain harus dalam gaya American Psychological Association (APA)  Edisi 7 (APA 7th) dan diperiksa dengan cermat untuk kelengkapan, akurasi, dan konsistensi.

Gunakan Manajemen Referensi seperti Mendeley, Zetero, dan EndNote untuk mempermudah manajemen referensi artikel

 DOWNLOAD MENDELEY GUIDELINES

 

Penarikan

Makalah yang diterbitkan dalam Jurnal Altruistik akan dipertimbangkan untuk ditarik kembali dalam publikasi jika:

  1. Mereka memiliki bukti yang jelas bahwa temuan tersebut tidak dapat diandalkan, baik sebagai akibat dari kesalahan (misalnya fabrikasi data) atau kesalahan jujur (misalnya kesalahan perhitungan atau kesalahan eksperimental).
  2. temuan sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain tanpa referensi silang, izin atau pembenaran yang tepat (yaitu kasus publikasi yang berlebihan)
  3. Artikel hasil plagiarisme
  4. Artikel yang dilaporkan melanggar Etika penelitian dan publikasi

Mekanisme pencabutan mengikuti Pedoman Pencabutan Komite Etika Publikasi (COPE) yang dapat diakses di https://publicationethics.org/files/retraction%20guidelines.pdf

 

Indexing