Panduan Untuk Penulis

PERSYARATAN NASKAH DAN PANDUAN GAYA

Standar Umum Pengeditan Bahasa

Jurnal Altruistik membutuhkan naskah yang dikirimkan ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Bagi penulis yang ingin naskah mereka menerima penyuntingan bahasa atau proofing untuk meningkatkan kejelasan naskah dan membantu menyoroti penelitian mereka, Jurnal Altruistikmerekomendasikan layanan penyuntingan bahasa yang disediakan oleh mitra internal atau eksternal (hubungi Kepala Sekolah Jurnal Altruistikuntuk informasi lebih lanjut informasi).

Perhatikan bahwa mengirimkan naskah Anda untuk pengeditan bahasa tidak menyiratkan atau menjamin bahwa naskah itu akan diterima untuk diterbitkan oleh Jurnal Altruistik. Keputusan editorial tentang konten ilmiah sebuah naskah tidak tergantung pada apakah naskah tersebut telah menerima penyuntingan atau pemeriksaan bahasa oleh layanan mitra, atau layanan lainnya.

 

Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

Ada beberapa cara sederhana untuk memaksimalkan kemampuan menemukan artikel Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk meningkatkan hasil pencarian artikel Anda:

  • Sertakan beberapa kata kunci artikel Anda dalam judul artikel;
  • Jangan gunakan judul artikel yang panjang;
  • Pilih 3 hingga 5 kata kunci menggunakan campuran istilah umum dan lebih spesifik pada subjek artikel;
  • Gunakan jumlah maksimum kata kunci dalam 2 kalimat pertama abstrak;
  • Gunakan beberapa kata kunci pada heading level 1.

Judul

Judul ditulis dengan huruf setiap awal kata huruf besar, rata ke kiri, dan menggunakan font Arial ukuran 16pt di bagian atas halaman. Judul ditulis dalam 2 bahasa, dibaris pertama Bahasa Inggris dan Baris kedua bahasa Indonesia

Judul harus singkat, menghilangkan istilah-istilah yang tersirat dan, jika mungkin, merupakan pernyataan dari hasil atau kesimpulan utama yang disajikan dalam naskah. Singkatan harus dihindari dalam judul.

Judul yang jenaka atau kreatif dipersilakan, tetapi hanya jika relevan dan dalam ukuran. Pertimbangkan apakah judul yang dimaksudkan untuk merangsang pemikiran mungkin disalahartikan sebagai menyinggung atau mengkhawatirkan. Dalam kasus ekstrim, kantor redaksi dapat memveto judul dan mengusulkan alternatif.

Penulis harus mencoba untuk menghindari, jika mungkin:

  • Judul yang merupakan pertanyaan belaka tanpa memberikan jawaban.
  • Judul yang tidak berambisi, misalnya, dimulai dengan "Menuju", "Deskripsi", "Karakterisasi", "Studi pendahuluan".
  • Judul yang tidak jelas, misalnya, dimulai dengan "Peran dari...", "Tautan antara...", "Efek dari..." yang tidak menentukan peran, tautan, atau efek.
  • Cantumkan istilah yang tidak pada tempatnya, misalnya, afiliasi taksonomi selain nama spesies.

Penulis dan Afiliasi

Semua nama terdaftar bersama-sama dan dipisahkan dengan koma. Berikan nama penulis yang tepat dan benar karena ini akan diindeks dalam arsip resmi. Afiliasi harus dimasukkan ke nama penulis dengan nomor superskrip dan dicantumkan sebagai berikut: Institut/Universitas/Organisasi, Negara (tanpa informasi alamat rinci seperti kode pos kota atau nama jalan).

Contoh: Universitas Negeri Medan

Penulis Korespondensi harus ditandai dengan superskrip. Berikan alamat email kontak yang tepat dari penulis yang sesuai di bagian terpisah di bawah afiliasi. 

Judul dan Subjudul

Gunakan huruf kapital pada judul dan huruf besar pada setiap kata dari subjudul. Judul harus didefinisikan dalam Book Antiqua ukuran 12pt, dicetak tebal dan subjudul ditentukan dalam Book Antiqua ukuran 12pt dicetak tebal.

Abstrak

Sebagai tujuan utama, abstrak harus membuat signifikansi umum dan kemajuan konseptual dari karya tersebut dapat diakses dengan jelas oleh pembaca yang luas. Dalam abstrak, meminimalkan penggunaan singkatan dan tidak mengutip referensi. Panjang kata tidak lebih dari 200 kata, ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa indonesia.

Kiat menulis abstrak:

  • Latar belakang studi
  • Tujuan dan ruang lingkup makalah
  • RIngkasan Metode
  • Ringkasan hasil atau temuan
  • Kesimpulan

Kata kunci

Semua jenis artikel: Anda dapat memberikan maksimal 5 kata kunci; minimal 3 wajib. setiap kata kunci dipisah dengan titik koma ( ; )

 

Teks

Teks isi ditulis dengan tipe huruf Book Antiqua ukuran 12pt. Paragraf baru tidak dipisahkan dengan satu baris kosong. Seluruh dokumen harus diberi spasi tunggal dan harus berisi nomor halaman dan baris untuk memfasilitasi proses peninjauan. Jurnal Altruisktik merekomendasikan naskah yang ditulis menggunakan MS-Word 97-2003.

Tata nama

Penggunaan singkatan harus diminimalkan. Singkatan non-standar harus dihindari kecuali jika muncul setidaknya empat kali, dan didefinisikan pada penggunaan pertama dalam teks utama. Pertimbangkan juga untuk memberikan daftar singkatan non-standar di bagian akhir, tepat sebelum Ucapan Terima Kasih.


Bagian

Naskah Anda diatur oleh judul dan subjudul. Untuk Artikel Penelitian Asli, disarankan untuk mengatur naskah Anda di bagian berikut:

Pengantar

Pendahuluan sedikit berbeda dengan abstrak yang singkat dan padat. Pembaca perlu mengetahui latar belakang penelitian Anda dan, yang paling penting, mengapa penelitian Anda penting dalam konteks ini. Pertanyaan kritis apa yang dijawab oleh penelitian Anda? Mengapa pembaca harus tertarik?

Tujuan dari Pendahuluan adalah untuk merangsang minat pembaca dan untuk memberikan informasi latar belakang terkait yang diperlukan untuk memahami sisa makalah. Anda harus meringkas masalah yang akan dibahas, memberikan latar belakang subjek, mendiskusikan penelitian sebelumnya tentang topik tersebut, dan menjelaskan dengan tepat apa yang akan dibahas makalah, mengapa, dan bagaimana. Hal yang baik untuk dihindari adalah membuat pendahuluan Anda menjadi ulasan mini. Ada banyak sekali literatur di luar sana, tetapi sebagai seorang ilmuwan, Anda harus dapat memilih hal-hal yang paling relevan dengan pekerjaan Anda dan menjelaskan alasannya. Ini menunjukkan kepada editor/peninjau/pembaca bahwa Anda benar-benar memahami bidang penelitian Anda dan bahwa Anda dapat langsung membahas masalah yang paling penting.

Jaga agar Pendahuluan Anda sangat ringkas, terstruktur dengan baik, dan mencakup semua informasi yang diperlukan untuk mengikuti perkembangan temuan Anda. Jangan membebani pembaca dengan membuat pendahuluan terlalu panjang. Dapatkan ke bagian-bagian penting kertas lain lebih cepat daripada nanti.

Kiat:

  1. Mulailah Pendahuluan dengan memberikan latar belakang singkat dari masalah yang dipelajari.
  2. Nyatakan tujuan investigasi. Tujuan penelitian Anda adalah bagian terpenting dari pendahuluan.
  3. Tetapkan pentingnya pekerjaan Anda: Mengapa ada kebutuhan untuk melakukan penelitian?
  4. Perkenalkan pembaca pada literatur terkait. Jangan berikan riwayat lengkap topik tersebut. Hanya mengutip karya sebelumnya yang memiliki kaitan langsung dengan masalah saat ini. (Kecanggihan, penelitian yang relevan untuk membenarkan kebaruan naskah.)
  5. Nyatakan analisis kesenjangan atau pernyataan kebaruan.
  6. Nyatakan dengan jelas hipotesis Anda, variabel yang diselidiki, dan ringkaslah meringkas metode yang digunakan.
  7. Tentukan singkatan atau istilah khusus/regional.

Contoh pernyataan kebaruan atau pernyataan analisis kesenjangan di akhir bagian Pendahuluan (setelah keadaan seni survei penelitian sebelumnya): "........ (ringkasan latar belakang)....... A sedikit peneliti yang fokus pada ....... Ada penelitian terbatas yang bersangkutan tentang ........ Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk ............. The tujuan dari penelitian ini adalah ....".

Singkat dan sadar siapa yang akan membaca manuskrip Anda dan pastikan Pendahuluan ditujukan kepada audiens tersebut. Pindah dari umum ke khusus; dari masalah di dunia nyata ke literatur hingga penelitian Anda. Terakhir, harap hindari membuat subbagian di Pendahuluan.

Metode

Pada bagian Metode, Anda menjelaskan dengan jelas bagaimana Anda melakukan penelitian Anda untuk: (1) memungkinkan pembaca untuk mengevaluasi pekerjaan yang dilakukan dan (2) mengizinkan orang lain untuk mereplikasi penelitian Anda. Anda harus menjelaskan dengan tepat apa yang Anda lakukan: apa dan bagaimana eksperimen dijalankan, apa, berapa banyak, seberapa sering, di mana, kapan, dan mengapa peralatan dan bahan digunakan. Pertimbangan utama adalah untuk memastikan bahwa detail yang cukup diberikan untuk memverifikasi temuan Anda dan untuk memungkinkan replikasi penelitian. Anda harus menjaga keseimbangan antara singkatnya (Anda tidak dapat menjelaskan setiap masalah teknis) dan kelengkapan (Anda perlu memberikan detail yang memadai agar pembaca tahu apa yang terjadi).

Kiat menulis metode penelitian:

  1. Menentukan populasi dan metode pengambilan sampel;
  2. Jelaskan instrumentasinya;
  3. Jelaskan prosedur dan jika relevan, kerangka waktunya;
  4. Jelaskan rencana analisis;
  5. Jelaskan pendekatan apa pun untuk memastikan validitas dan reliabilitas;
  6. Mendeskripsikan uji statistik dan perbandingan yang dilakukan; metode statistik biasa harus digunakan tanpa komentar; metode canggih atau tidak biasa mungkin memerlukan kutipan literatur, dan;
  7. Jelaskan ruang lingkup dan/atau batasan metodologi yang Anda gunakan.

Dalam ilmu sosial dan perilaku, penting untuk selalu memberikan informasi yang cukup untuk memungkinkan peneliti lain mengadopsi atau mereplikasi metodologi Anda. Informasi ini sangat penting ketika metode baru telah dikembangkan atau penggunaan inovatif dari metode yang ada digunakan. Terakhir, harap hindari membuat subbagian di Metode. 

Hasil dan Diskusi

Tujuan dari Hasil dan Diskusi adalah untuk menyatakan temuan Anda dan membuat interpretasi dan/atau pendapat, menjelaskan implikasi dari temuan Anda, dan membuat saran untuk penelitian masa depan. Fungsi utamanya adalah untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dalam Pendahuluan, menjelaskan bagaimana hasil mendukung jawaban dan, bagaimana jawaban sesuai dengan pengetahuan yang ada pada topik. Diskusi dianggap sebagai inti dari makalah dan biasanya membutuhkan beberapa upaya penulisan.

Diskusi akan selalu berhubungan dengan pendahuluan melalui pertanyaan penelitian atau hipotesis yang Anda ajukan dan literatur yang Anda ulas, tetapi tidak hanya mengulang atau mengatur ulang pendahuluan; diskusi harus selalu menjelaskan bagaimana studi Anda telah menggerakkan pemahaman pembaca tentang masalah penelitian ke depan dari tempat Anda meninggalkannya di akhir pendahuluan.

Untuk memperjelas pesan Anda, diskusi harus dibuat sesingkat mungkin sambil secara jelas dan lengkap menyatakan, mendukung, menjelaskan, dan mempertahankan jawaban Anda dan mendiskusikan isu-isu penting dan relevan lainnya secara langsung. Perhatian harus diberikan untuk memberikan komentar dan bukan pengulangan hasil. Masalah sampingan tidak boleh disertakan, karena ini cenderung mengaburkan pesan.

Kiat menulis hasil penelitian:

  1. Nyatakan Temuan Utama Studi;
  2. Jelaskan Arti Temuan dan Mengapa Temuan Penting;
  3. Dukung jawaban dengan hasil. Jelaskan bagaimana hasil Anda berhubungan dengan harapan dan literatur, dengan jelas menyatakan mengapa mereka dapat diterima dan bagaimana mereka konsisten atau sesuai dengan pengetahuan yang diterbitkan sebelumnya tentang topik tersebut;
  4. Kaitkan Temuan dengan Studi Serupa;
  5. Pertimbangkan Penjelasan Alternatif dari Temuan;
  6. Implikasi penelitian;
  7. Mengakui Keterbatasan Studi, dan;
  8. Memberikan Saran untuk Penelitian Selanjutnya.

Sangat mudah untuk mengembang interpretasi hasil. Berhati-hatilah agar interpretasi Anda terhadap hasil tidak melampaui apa yang didukung oleh data. Data adalah data: tidak lebih, tidak kurang. Harap hindari dan perbaiki interpretasi hasil, spekulasi yang tidak beralasan, membesar-besarkan pentingnya temuan, masalah tangensial, atau terlalu menekankan dampak penelitian Anda.

Bekerja dengan Grafis:

Gambar dan tabel adalah cara paling efektif untuk menyajikan hasil. Keterangan harus dapat berdiri sendiri, sehingga gambar dan tabel dapat dipahami tanpa perlu membaca keseluruhan naskah. Selain itu, data yang direpresentasikan harus mudah diinterpretasikan.

Kiat membuat grafik atau gambar:

  1. Grafik harus sederhana, tetapi informatif;
  2. Penggunaan warna dianjurkan;
  3. Grafik harus menjunjung standar publikasi ilmiah dan profesional;
  4. Grafik harus sepenuhnya asli, karya seni yang tidak dipublikasikan yang dibuat oleh salah satu penulis bersama;
  5. Grafik tidak boleh menyertakan foto, gambar, atau karikatur seseorang, hidup atau meninggal;
  6. Tidak menyertakan perangko atau mata uang dari negara manapun, atau barang bermerek dagang (logo perusahaan, gambar, dan produk), dan;
  7. Hindari memilih grafik yang sudah muncul dalam teks naskah.

Untuk melihat contoh tabel dan gambar, silahkan download template Jurnal Altruistik.

Terakhir, harap hindari membuat subbagian di Hasil dan Pembahasan.

Kesimpulan

Kesimpulan dimaksudkan untuk membantu pembaca memahami mengapa penelitian Anda penting bagi mereka setelah mereka selesai membaca makalah. Kesimpulan bukan hanya ringkasan topik utama yang dibahas atau pernyataan ulang masalah penelitian Anda, tetapi sintesis poin-poin kunci. Penting bahwa kesimpulan tidak meninggalkan pertanyaan yang tidak terjawab.

Kiat menulis bagian kesimpulan:

  1. Nyatakan kesimpulan Anda dengan jelas dan singkat. Singkat dan tetap pada intinya;
  2. Jelaskan mengapa studi Anda penting bagi pembaca. Anda harus menanamkan dalam diri pembaca rasa relevansi;
  3. Buktikan kepada pembaca, dan komunitas ilmiah, bahwa temuan Anda layak untuk dicatat. Ini berarti mengatur makalah Anda dalam konteks pekerjaan sebelumnya. Implikasi dari temuan Anda harus didiskusikan dalam kerangka yang realistis, dan;

Untuk sebagian besar esai, satu paragraf yang dikembangkan dengan baik sudah cukup untuk menyimpulkan, meskipun dalam beberapa kasus, kesimpulan dua atau tiga paragraf mungkin diperlukan. Hal penting lainnya tentang bagian ini adalah (1) tidak menulis ulang abstrak; (2) pernyataan dengan "diselidiki" atau "dipelajari" bukanlah kesimpulan; (3) tidak memperkenalkan argumen, bukti, ide baru, atau informasi baru yang tidak terkait dengan topik; (4) tidak mencantumkan bukti (kutipan, statistik, dll) yang seharusnya ada di badan makalah.

Referensi

Semua kutipan dalam teks harus ada dalam daftar referensi dan sebaliknya. Referensi hanya boleh mencakup artikel yang diterbitkan atau diterima. Kumpulan data yang telah disimpan ke repositori online harus dimasukkan dalam daftar referensi, termasuk versi dan pengenal unik jika tersedia. Untuk karya yang diterima tetapi tidak diterbitkan gunakan "in press" sebagai ganti nomor halaman. Data yang tidak dipublikasikan, manuskrip yang dikirimkan, atau komunikasi pribadi harus dikutip dalam teks saja, untuk jenis artikel yang memungkinkan penyertaan tersebut. Komunikasi pribadi harus didokumentasikan dengan surat izin.

Kutipan dalam teks harus disebut sesuai dengan nama belakang penulis pertama, diikuti dengan tahun. Untuk karya oleh 2 penulis, sertakan kedua nama keluarga, diikuti tahun. Untuk karya lebih dari 2 penulis hanya mencantumkan nama belakang penulis pertama, diikuti et al., diikuti tahun. Untuk bantuan, silakan gunakan referensi manajemen (Mendeley atau Zotero) dan gunakan format American Psychological Association 7th Edition. Jika memungkinkan, berikan tautan yang diambil untuk setiap referensi.

 

Artikel dalam jurnal cetak:

Scruton, R. (1996). The eclipse of listening. The New Criterion, 15(3), 513.

Artikel dalam jurnal online:

Baniya, S., & Weech, S. (2019). Data and experience design: Negotiating community-oriented digital research with service-learning. Purdue Journal of Service-Learning and International Engagement, 6(1), 1116. https://doi.org/10.5703/1288284316979

Artikel atau bab dalam sebuah buku:

Armstrong, D. (2019). Malory and character. In M. G. Leitch & C. J. Rushton (Eds.), A new companion to Malory (pp. 144-163). D. S. Brewer.

Buku:

Ahmed, S. (2012). On being included: Racism and diversity in institutional life. Duke University Press.

Tesis dan Disertasi Yang dipublikasikan:

Angeli, E. L. (2012). Networks of communication in emergency medical services (Publication No. 3544643) [Doctoral dissertation, Purdue University]. ProQuest Dissertations Publishing.

Tesis dan Disertasi yang tidak dipublikasikan

Samson, J. M. (2016). Human trafficking and globalization [Unpublished doctoral dissertation]. Virginia Polytechnic Institute and State University.

Proceedings Konferensi

Huang, S., Pierce, R., & Stamey, J. (Eds.). (2006). Proceedings of the 24th annual ACM international conference on the design of communication. ACM Digital Library. https://dl.acm.org/citation.cfm?id=1166324&picked=prox

Materi tambahan

Jumlah Altruistik tidak mendukung mendorong hasil dan informasi penting ke dalam bagian tambahan. Namun, data yang tidak terlalu penting untuk teks, atau yang tidak dapat disertakan dalam artikel karena terlalu besar atau format saat ini tidak mengizinkannya (seperti film, jejak data mentah, presentasi powerpoint, dll.) dapat diunggah selama prosedur pengiriman dan akan ditampilkan bersama dengan artikel yang diterbitkan. Materi Pelengkap dapat diunggah sebagai Lembar Data (file word, excel, csv, cdx, fasta, pdf atau zip), Presentasi (file powerpoint, pdf atau zip), Gambar Tambahan (cdx, eps, jpeg, pdf, png atau tif) , Tabel Tambahan (word, excel, csv atau pdf), Audio (mp3, wav atau wma) atau Video (avi, divx, flv, mov, mp4, mpeg, mpg atau wmv).

Materi tambahan tidak diketik jadi harap pastikan bahwa semua informasi disajikan dengan jelas, teks yang sesuai disertakan dalam file dan bukan dalam manuskrip, dan gayanya sesuai dengan sisa artikel.

 

Pedoman Gambar dan Tabel

Pedoman Gaya Umum untuk Angka

Angka membantu pembaca memvisualisasikan informasi yang Anda coba sampaikan. Seringkali, sulit untuk cukup deskriptif menggunakan kata-kata. Gambar dapat membantu dalam mencapai akurasi yang dibutuhkan untuk sebuah naskah ilmiah. Misalnya, mungkin tidak cukup untuk mengatakan, "Permukaan memiliki fitur skala nanometer." Dalam hal ini, akan ideal untuk memberikan gambar mikroskop.

Untuk gambar, pastikan untuk:

  • Sertakan bilah skala
  • Pertimbangkan untuk memberi label pada barang-barang penting
  • Tunjukkan arti dari berbagai warna dan simbol yang digunakan

Panduan Gaya Umum untuk Tabel

Tabel adalah cara yang ringkas dan efektif untuk menyajikan data dalam jumlah besar. Anda harus merancangnya dengan hati-hati sehingga Anda mengomunikasikan hasil Anda dengan jelas kepada peneliti yang sibuk.

Berikut ini adalah contoh tabel yang dirancang dengan baik:

  • Judul tabel yang jelas dan ringkas
  • Data dibagi ke dalam kategori untuk kejelasan
  • Jarak yang cukup antara kolom dan baris
  • Unit adalah jenis font yang disediakan dan ukurannya dapat dibaca


Persyaratan Gambar dan Tabel

Legenda

Gambar dan tabel legenda harus memiliki font yang sama dengan teks utama (12 poin normal Times New Roman, spasi tunggal). Legenda harus didahului dengan label yang sesuai, misalnya, "Gambar 1" atau "Tabel 4". Legenda gambar harus ditempatkan di akhir naskah (untuk gambar tambahan Anda harus menyertakan keterangan dengan gambar, diunggah sebagai file terpisah). Legenda tabel harus ditempatkan tepat sebelum tabel. Harap gunakan hanya satu paragraf untuk legenda. Panel gambar dirujuk dengan huruf kapital tebal dalam tanda kurung: (A), (B), (C), (D), dll.

Ukuran Gambar

Gambar gambar harus disiapkan dengan tata letak PDF, gambar individu tidak boleh lebih dari satu halaman dan dengan lebar yang sesuai dengan 1 kolom atau 2 kolom.

Format

Format berikut diterima:

Gambar yang dimuat dalam artikel harus dimasukkan kedalam berkas tambahan (sumplementary file). Format gambar yang diminta adalah JPEG atau JPG

Mode Gambar Berwarna

Gambar harus dikirimkan dalam mode warna RGB.

Persyaratan Resolusi

Semua gambar harus diunggah secara terpisah dalam prosedur pengiriman dan memiliki resolusi 300 dpi pada ukuran akhir. Periksa resolusi gambar Anda dengan memperbesarnya menjadi 150%. Jika resolusinya terlalu rendah, gambar akan tampak buram, bergerigi, atau memiliki efek seperti tangga.

Harap dicatat menyimpan gambar secara langsung sebagai file gambar (JPEG, TIF) dapat sangat mempengaruhi resolusi gambar Anda. Untuk menghindarinya, salah satu opsi adalah mengekspor file sebagai PDF, kemudian mengubahnya menjadi TIFF atau EPS menggunakan perangkat lunak grafis. File EPS dapat diunggah setelah diterima.

Rincian semua sumber pendanaan harus disediakan di bagian pendanaan naskah termasuk nomor hibah, jika berlaku.