RANCANGAN TEKNOLOGI VIRTUALISASI UNTUK OPTIMALISASI SERVER DI UNIVERSITAS ASAHAN

Adi Widarma, Yustria Handika Siregar

Abstract


Kebutuhan akan sistem informasi tidak terlepas dengan kebutuhan perangkat server yang digunakan. Semakin banyak server yang digunakan maka akan mempersulit dalam manajemen pengelolaan dan biaya yang dibutuhkan dalam pengadaan perangkat juga cukup besar. Penambahan berbagai web dan aplikasi di Universitas Asahan yang selalu meningkat, akan membuat penambahan disisi hardware. Server yang tersedia saat ini belum mampu mengatasi peningkatan web dan aplikasi sehingga akan mengakibatkan pelayanan bidang sistem informasi yang kurang optimal. Permasalahan saat ini adalah dengan hardware yang seminimal mungkin bisa memberikan pelayanan yang optimal dengan tujuan efisiensi di tengah keterbatasan anggaran. Solusi yang dilaksanakan dari permasalahan di atas yaitu menggunakan teknologi virtualisasi. Virtualisasi adalah sebuah konsep pembagian resource atau sumberdaya pada suatu perangkat seperti server. Sehingga ketika penambahan sistem informasi tidak perlu membeli perangkat server baru lagi. Teknologi ini akan diterapkan pada perangkat server yang ada di Universitas Asahan guna untuk optimalisasi perangkat server yang ada. Dari hasil penelitian ujicoba virtualisasi digunakan untuk 4 jenis web dan aplikasi. Ujicoba tersebut mampu menjalankan virtualisasi sesuai dengan perancangan yang dibuat.

Keywords


Virtualisasi, Optimalisasi Server, VMware ESXI

Full Text:

PDF

References


H. Harfadzi and D. Irwan, “Perancangan dan Implementasi Virtualisasi Server Menggunakan Proxmox VE 3.4,” J. Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. dan Log., vol. 4, no. 2, pp. 89–97, 2016.

S. Sriyanta, W. W. Winarno, and S. Sudarmawan, “Optimalisasi Penggunaan Hardware Server Mempergunakan Virtualisasi Server di SMAN 1 Wonosari,” J. Inf. Politek. Indonusa, vol. 4, no. 2, pp. 35–42, 2018.

D. Ruest and N. Ruest, Virtualisasi A Beginner’s Guide. New York: McGraw-Hill Education, 2009.

B. Harijanto and Y. Ariyanto, “Desain Dan Analisis Kinerja Virtualisasi Server Menggunakan Proxmox Virtual Environtment,” J. Simantec, vol. 5, no. 1, pp. 17–24, 2015.

T. Sutabri, Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi, 2014.

L. E. Nugroho, Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Perguruan. Tinggi. Yogyakarta: Prajnya Media, 2009.

A. Afriandi, “Perancangan, Implementasi, Dan Analisis Kinerja Virtualisasi Server Menggunakan Proxmox, Vmware Esx, Dan Openstack,” J. Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 182–191, 2012.

D. Rule and R. Dittner, The Best Damn Server Virtualization Book Period: Including Vmware, Xen and Microsoft Virtual Server. USA: Syngress Publishing Inc, 2007.

S. M, Virtualization for Reliable Embedded Systems. Munich: GRIN Publishing GmbH, 2013.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v4i2.14356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License