Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tempat KKN (Kuliah Kerja Nyata) Menggunakan Metode Logika Fuzzy

Adi Widarma, Yustria Handika Siregar, Muhammad Dedi Irawan, Shinta Fadhillah

Abstract


Sebagai mahasiswa dituntut untuk dapat melakukan dan mengaplikasikan ilmu atau keahliannya kepada masyarakat. Siswa sebagai simbol perubahan oleh karena itu siswa sangat berpengaruh untuk mengembangkan tempat-tempat yang masih memiliki pendidikan dan teknologi yang rendah. Berdasarkan data yang diperoleh dari akademisi, Universitas Asahan mengirimkan mahasiswanya ke suatu tempat yang layak untuk dikembangkan. Hal tersebut menjadikan Universitas Asahan harus memiliki sistem yang dapat menempatkan mahasiswanya ke lokasi Kuliah Kerja Nyata secara adil. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengetahui penempatan mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata dengan menggunakan metode logika fuzzy yang mampu menyelesaikan masalah.


Keywords


Fuzzy Logic, Penempatan, Kuliah Kerja Nyata

Full Text:

PDF

References


M. D. Irawan, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Matakuliah Pilihan pada Kurikulum Berbasis KKNI Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno,” J. Media Infotama, vol. 13, no. 1, pp. 27–35, 2017.

M. D. Irawan and H. Herviana, “Implementasi Logika Fuzzy Dalam Menentukan Jurusan Bagi Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 1 Air Putih,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 129–137, 2018.

Y. H. Siregar and A. Widarma, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Jamur Tiram Putih Terbaik Menggunakan Logika Fuzzy,” J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, p. 73, 2019.

A. Widarma and H. Kumala, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pengguna Listrik Subsidi Dan Nonsubsidi Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus : PT. PLN Tanjung Balai),” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 165, 2019.

Y. H. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Data Alumni Sarjana,” vol. 1, pp. 28–36, 2017.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i2.19665

Article Metrics

Abstract view : 572 times
PDF - 662 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License