Implementasi Cloud Computing Menggunakan Nextcloud Berbasis Infrastructure as a Service (IaaS)

Adi Widarma, Helmi Fauzi Siregar, Indi Ramadhani Sitorus

Abstract


Cloud Storage sendiri merupakan media penyimpanan yang dalam pengaksesan nya memerlukan jaringan internet. Jika suatu instansi melakukan penyimpanan data-data secara hardcopy yang disimpan dalam satu tempat penyimpanan. Maka, kegiatan tersebut akan menghasilkan sejumlah data yang banyak setiap harinya dalam periode tahunan penyimpanan yang baru yang akan menghabiskan dana yang tidak sedikit dan akan menambah limbah, dan apabila terjadi bencana hal yang ditakuti adalah masalah kehilangan data yang menjadi aset informasi tersebut. Teknologi penyimpanan data secara terpusat dengan cloud storage menjadi salah satu jawaban permasalahan diatas, berbeda dengan layanan cloud storage yang sering digunakan pada umumnya seperti google drive. Untuk memudahkan dalam pengaksesan data dalam sebuah instansi maka dibutuhkan suatu strategi sentralisasi data yang dapat diakses dan berbagi data secara bersama dengan biaya yang lebih ekonomis dengan tidak perlu dikenakan biaya tambahan. Dalam penelitian ini cloud computing akan dibangun menggunakan Nextcloud dengan sistem operasi Ubuntu server. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diambil kesimpulan bahwa Nextcloud telah berhasil diinstall dan digunakan. Nextcloud yang digunakan adalah versi 16.03 yang diinstall pada sistem operasi Linux Ubuntu Server 18.04. Pemanfaatan Nexcloud merupakan teknologi cloud computing berbasis Infrastructure as a Service (IaaS) dengan model Private Cloud artinya nextcloud hanya bisa diakses secara local pada instansi tersebut. Pengujian sistem dengan beberapa skenario pengujian menggunakan metode black box testing dengan melakukan proses upload, download dan sharing data. Pengujian dari ketiga proses tersebut menghasilkan kesimpulan yang valid.


Keywords


Cloud Computing; Nextcloud; Infrastructure as a Service (IaaS); Private data

Full Text:

PDF

References


Irawan, Agus, Ayu Purnama Sari, and Saepul Bahri. 2019. “Perancangan Dan Implementasi Cloud Storage Menggunakan NextCloud Pada Smk YPP Pandeglang.” PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer 5(2):131–43.

Kholil, Moch, and Syahri Mu’min. 2018. “Pengembangan Private Cloud Storage Sebagai Sentralisasi Data Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Berbasis Open Source Owncloud.” Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual 3(1):33–41.

Nugraha, Putu, I. Mogi, and I. Setiawan. 2015. “Implementasi Private Cloud Computing Sebagai Layanan Infrastructure As a Service (Iaas) Menggunakan Openstack.” Jurnal Ilmu Komputer 8(2):7–14.

Aziz, Abdul, and Adita Tarkono. 2016. “Teknologi Virtualisasi Openvz Dan Kernel-Based Virtual Machine Sebagai Layanan IaaS Pada Jaringan Enterprise.” Multinetics 2(1):24.

Husen, Afif, and Widya Cholil. 2020. “Pengembangan Private Cloud Storage Pada Infrastruktur Teknologi Kecamatan Seberang Ulu Ii Dalam Menunjang.” 394–402.

Magdalena, Ina, Azza Salsabila, Diah Ajeng Krianasari, Shabira Fairuza Apsarini, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2020. “Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III.” 3:119–28.

Riko Herwanto, Onno W. Purbo, dan RZ. Abd. Aziz, 2020.” Cloud Computing Manajemen dan Perencanaan Kapasitas. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Iwan Sofana dan Rifkie Primartha, 2019.” Network Security dan Cyber Security. Bandung: Penerbit Informatika.

Zakaria Husen dan M. Syukri Surbakti, 2020. ”Membangun Server dan Jaringan Komputer dengan Linux Ubuntu". Banda Aceh: Penerbit Syiah Kuala University Press.

Yudoko, Barqi Satrio, Henni Endah Wahanani, and Muhammad Idhom. 2020. “Pengujian Performa Dan Fitur – Fitur Dari Owncloud Dan Nextcloud.” Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI) 1(1):215–20.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v9i1.55993

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License