Analisis Dampak Penggunaan Aplikasi Antar Makanan Online Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Kuliner di Kota Batam

Authors

  • Philander Alvando Davian Universitas International Batam, Indonesia
  • Indasari Deu Universitas International Batam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/cess.v10i1.65891

Keywords:

UMKM kuliner; aplikasi antar makanan online; peningkatan penjualan; analisis regresi; Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi antar makanan online terhadap peningkatan penjualan dan keberhasilan UMKM kuliner di Kota Batam. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya penggunaan layanan digital oleh UMKM sebagai upaya untuk mendukung aktivitas bisnis dan daya saing di era digital. Berdasarkan analisis regresi linear, ditemukan bahwa penggunaan aplikasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan (B = 0.701, Sig. < 0.001) dengan tingkat hubungan yang kuat (R = 0.787). Sebanyak 62% variasi peningkatan penjualan dijelaskan oleh model, menunjukkan efektivitas aplikasi dalam mendukung penjualan UMKM. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan UMKM meliputi frekuensi penggunaan aplikasi (B = 1.860, Sig. < 0.001) dan perbedaan pendapatan (B = 2.716, Sig. < 0.001). Meskipun pengetahuan aplikasi memiliki pengaruh signifikan negatif (B = -1.500, Sig. < 0.001), hal ini diimbangi oleh desain aplikasi yang mudah digunakan. Model penelitian menunjukkan hubungan yang sangat kuat (R = 0.930, R² = 86.6%), dengan data yang reliabel (Cronbach's Alpha = 0.881) dan asumsi statistik yang terpenuhi. Hasil penelitian menegaskan bahwa aplikasi antar makanan online memainkan peran penting dalam mendukung peningkatan penjualan dan keberhasilan UMKM, meskipun terdapat ruang untuk pengembangan lebih lanjut, khususnya dalam mendukung pencapaian target volume penjualan.

Author Biographies

Philander Alvando Davian, Universitas International Batam, Indonesia

Prodi Sistem informasi, Ilmu Komputer, Universitas International Batam, Indonesia

Indasari Deu, Universitas International Batam, Indonesia

Prodi Sistem informasi, Ilmu Komputer, Universitas International Batam, Indonesia

References

[1] H. Hassani, X. Huang, And E. Silva, “The Human Digitalisation Journey: Technology First at The Expense of Humans?,” Inf., Vol. 12, No. 7, PP. 1–12, 2021, DOI: 10.3390/INFO12070267.

[2] Taufik, M., A. Masjono, I. Kurniawan, dan K. Karno, "Peranan Platform Food Delivery Service dalam Mendukung Marketing Mix UKM di Masa New Normal," Jurnal Pengembangan Wiraswasta, vol. 22, no. 2, pp. 121–129, 2020.

[3] R. Gupta, S. Roy, K. Kumar, C. A.-O. Heritage, and undefined 2019, “Study of consumer behaviour towards online food delivery,” Researchgate.Net, no. August, 2015, [Online]. Available:https://www.researchgate.net/profile/Sanjoy-Roy 17/publication/362761089_A_Study_of_Consumer_behaviour_towards_online_food_delivery/links/62fde231eb7b135a0e415f65/A-Study-of-Consumer-behaviour-towards-online-food-delivery.pdf

[4] D. F. Suryadi dan M. I. F. Ilyas, "Adopsi Online Food Delivery Service Bagi Wirausaha Pemula," dalam Proc. SNP2M, 2018, pp. 75–80.

[5] H. Ika Putri, A. Rijal, and N. Afiah, “Analisis Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar”, future, vol. 2, no. 3, pp. 161–170, Jun. 2024.

[6] A. Pratiwi, D. M. Sari, A. I. Mubariqoh, M. G. Andika, S. A. Nuraini, dan A. Fitri, "Dampak layanan online food delivery terhadap pendapatan usaha kuliner di Bandar Lampung pada masa pandemi COVID-19," Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, vol. 9, no. 2, pp. 398–407, Mei 2022.

[7] P. Mitra, Y. Zhang, B. K. Mitra, and R. Shaw, “Assessment of Impacts and Resilience of Online Food Services in the Post-COVID-19 Era,” Sustain., vol. 15, no. 17, pp. 1–17, 2023, doi: 10.3390/su151713213.

[8] S.-L. Huang dan H.-R. Siao, "Factors Affecting the Implementation of Online Food Delivery and Its Impact on Restaurant Performance during the COVID-19 Pandemic," Sustainability, vol. 15, no. 12, p. 12147, 2023.

[9] Statista, "Online Food Delivery in Indonesia," 2023. [Online]. Tersedia: https://www.statista.com/outlook/emo/online-food-delivery/indonesia . [Diakses: 20-Okt-2024].

[10] C. M. Annur, "Indonesia pasar online food delivery terbesar di ASEAN," Databoks, Jan. 12, 2023.

[11] D. H. Jayani, "10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbesar Kuartal III-2019," Databoks, Okt. 22, 2019.

[12] "Info Publik," infopublik.id, 2019. [Online]. Tersedia: https://www.infopublik.id . [Diakses: 18-okt-2024].

[13] Badan Pusat Statistik Kota Batam, "Perkembangan Ekonomi Kota Batam Tahun 2023," batamkota.bps.go.id, Sep. 28, 2024.

[14] Nirawati, "Analisis Dampak Layanan Online Food Delivery yang Menggunakan Akad Salam Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha (Studi Kasus Pelaku Usaha Kuliner di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa)," Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2024.

[15] D. N. Salma and R. Rachmawati, “The Role of Online Food Delivery Services in the Competitiveness of the Yogyakarta Culinary Industry during the Covid-19 Pandemic,” Indones. J. Geogr., vol. 54, no. 1, pp. 147–153, 2022, doi: 10.22146/ijg.68508.

[16] A. S. Sukardi and I. A. Rahmawati, “Analisa pengaruh Go-Food terhadap penjualan UMKM di Universitas Muhammadiyah Surakarta,” J. Econ. Res. Policy Stud., vol. 2, no. 3, pp. 172–182, 2022, doi: 10.53088/jerps.v2i3.268.

[17] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.

[18] J. F. Hair, M. Page, and N. Brunsveld, Essentials of Business Research Methods, 4th ed. New York: Routledge, 2018.

[19] D. P. Turner, “Purposive Sampling as a Tool for Informant Selection,” Qualitative Research Journal, vol. 20, no. 2, pp. 129–139, 2020.

[20] R. Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2020.

[21] A. S. Sukardi and I. A. Rahmawati, “Analisa pengaruh Go-Food terhadap penjualan UMKM di Universitas Muhammadiyah Surakarta,” J. Econ. Res. Policy Stud., vol. 2, no. 3, pp. 172–182, 2022, doi: 10.53088/jerps.v2i3.268.

[22] Amanda, A., & Widiati, E. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Aplikasi Go Food Terhadap Peningkatan Penjualan Pada UMKM Kuliner di Jakarta Pusat. Jurnal Doktor Manajemen, ol. 7, no. 1, Apr. 2024.

[23] M. I. Hafiyyan, M. G. Miranti, M. Kharnolis, and A. Bahar, “Pengaruh Layanan Food Delivery Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner (Studi Terhadap Pemilik Usaha Kuliner Yang Terdaftar Go-Food Di Kelurahan Jagir Kota Surabaya),” Student Res. J., vol. 1, no. 4, pp. 253–262, 2023.

[24] Basu Swastha dan T. Hani Handoko.2015. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. BPFE.Yogyakarta

[25] Nurhidayati, and Kartika Yuliantari. 2018. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen 2.1: 69- 75.

[26] Ghozali, Imam. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Philander Alvando Davian, & Indasari Deu. (2025). Analisis Dampak Penggunaan Aplikasi Antar Makanan Online Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Kuliner di Kota Batam. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 10(1), 162–175. https://doi.org/10.24114/cess.v10i1.65891