Analisis Kesulitan Siswa SD dalam Menguasai Operasi Hitung dan Strategi Mengatasinya
DOI:
https://doi.org/10.24114/em.v18i1.66180Abstract
Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar memegang peranan penting dalam membentuk kemampuan berpikir logis dan pemecahan masalah. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menguasai operasi hitung dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut serta mengidentifikasi strategi yang efektif untuk mengatasinya. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan mengkaji berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan buku referensi yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesulitan siswa disebabkan oleh metode pengajaran yang tidak interaktif, kurangnya pemahaman konseptual, serta kecemasan terhadap matematika. Strategi yang direkomendasikan mencakup penggunaan media manipulatif, permainan edukatif, pendekatan kontekstual, serta pelatihan guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Diharapkan, penerapan strategi-strategi tersebut dapat membantu siswa dalam memahami konsep operasi hitung secara menyeluruh dan meningkatkan minat serta kepercayaan diri mereka dalam belajar matematika.References
Lestari, R. T., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Analisis Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perkalian di Sekolah Dasar. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 3(2), 103-111.
Rahimah, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 1-12.
Siswoyo, A. A., Mochtar, N., Ramadhany, M. A., & Anisa, N. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12).
Wiryana, Riksa, and Jesi Alexander Alim. "Permasalahan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar." Jurnal Kiprah Pendidikan 2.3 (2023): 271-277.
Yolanita, Clarissa, and Aang Ruswendi. "Analisis kesulitan belajar matematika di sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 5.3 (2024): 464-470.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EducanduM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.