Analisis Kesulitan Siswa SD dalam Menguasai Operasi Hitung dan Strategi Mengatasinya

Authors

  • Cahya Sry Amsidah Simanullang Universitas Negeri Medan
  • Amelia Handrita Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Rizma Melati Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Satri Sinaga Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Nurhudayah Manjani Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Mardhiyah Kharismayanda Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

DOI:

https://doi.org/10.24114/em.v18i1.66180

Abstract

Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar memegang peranan penting dalam membentuk kemampuan berpikir logis dan pemecahan masalah. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menguasai operasi hitung dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut serta mengidentifikasi strategi yang efektif untuk mengatasinya. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan mengkaji berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan buku referensi yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesulitan siswa disebabkan oleh metode pengajaran yang tidak interaktif, kurangnya pemahaman konseptual, serta kecemasan terhadap matematika. Strategi yang direkomendasikan mencakup penggunaan media manipulatif, permainan edukatif, pendekatan kontekstual, serta pelatihan guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Diharapkan, penerapan strategi-strategi tersebut dapat membantu siswa dalam memahami konsep operasi hitung secara menyeluruh dan meningkatkan minat serta kepercayaan diri mereka dalam belajar matematika.

References

Lestari, R. T., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Analisis Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perkalian di Sekolah Dasar. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 3(2), 103-111.

Rahimah, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 1-12.

Siswoyo, A. A., Mochtar, N., Ramadhany, M. A., & Anisa, N. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12).

Wiryana, Riksa, and Jesi Alexander Alim. "Permasalahan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar." Jurnal Kiprah Pendidikan 2.3 (2023): 271-277.

Yolanita, Clarissa, and Aang Ruswendi. "Analisis kesulitan belajar matematika di sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 5.3 (2024): 464-470.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Simanullang, C. S. A., Handrita, A., Melati, R., Satri Sinaga, Nurhudayah Manjani, & Kharismayanda, M. (2025). Analisis Kesulitan Siswa SD dalam Menguasai Operasi Hitung dan Strategi Mengatasinya. EducanduM, 18(1), 107–109. https://doi.org/10.24114/em.v18i1.66180

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)