Analisis Peran Supervisi Kependidikan terhadap Peningkatan Kualitas Guru di SDS Romalbest
Keywords:
Supervisi, Pendidikan, Guru, KinerjaAbstract
This study aims to analyze the impact of educational supervision on teacher quality at SDS Romalbest. A qualitative descriptive method was employed through in-depth interviews with three teachers. The findings reveal that educational supervision has a positive influence on improving teacher professionalism, motivation, and instructional quality. Supervision is carried out in a cooperative and democratic manner, although several challenges such as sudden schedules and teacher anxiety during supervision still occur. Follow-up actions such as coaching and training are integral parts of the supervision process. These results are supported by educational supervision theories stating that effective supervision can significantly enhance teacher performance and overall education quality. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supervisi pendidikan terhadap kualitas guru di SDS Romalbest. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara terhadap tiga orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi berperan terhadap peningkatan profesionalisme, motivasi, dan kualitas pembelajaran guru. Supervisi dilakukan secara kooperatif dan demokratis, meskipun terdapat beberapa kendala seperti waktu pelaksanaan yang mendadak dan rasa grogi guru. Tindak lanjut berupa pembinaan dan pelatihan menjadi bagian penting dalam proses supervisi. Hasil ini diperkuat dengan teori supervisi pendidikan yang menyatakan bahwa supervisi yang baik mampu meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan secara menyeluruh.References
Bintani, K. (2022). Pentingnya Supervisi di Dalam Pendidikan.
Damanik, R. (2019). Pengaruh Supervisi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(1).
Sukmawati, H. (2017). Fungsi Supervisi Pendidikan.
JUPERAN: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (2022). Analisis Pengaruh Supervisi Pendidikan Terhadap Kualitas Guru, Vol. 1, No. 2, hal. 194–207.
Lubis, W., Simaremare, A., Iriawan, M., Pristanti, N.A. (2025). PROFESI KEPENDIDIKAN. Medan.CV. obelia publisher
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EducanduM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.