Analisis Peran Supervisi Kependidikan terhadap Peningkatan Kualitas Guru di SDS Romalbest

Authors

  • Enjelika Baringbing Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Suyit Ratno Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Agustina Maylani Sianipar Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Anita Pakpahan Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • April Hamonangan Purba Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Ardianis Waruwu Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Shintia Monauli Sinurat Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

Keywords:

Supervisi, Pendidikan, Guru, Kinerja

Abstract

This study aims to analyze the impact of educational supervision on teacher quality at SDS Romalbest. A qualitative descriptive method was employed through in-depth interviews with three teachers. The findings reveal that educational supervision has a positive influence on improving teacher professionalism, motivation, and instructional quality. Supervision is carried out in a cooperative and democratic manner, although several challenges such as sudden schedules and teacher anxiety during supervision still occur. Follow-up actions such as coaching and training are integral parts of the supervision process. These results are supported by educational supervision theories stating that effective supervision can significantly enhance teacher performance and overall education quality. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supervisi pendidikan terhadap kualitas guru di SDS Romalbest. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara terhadap tiga orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi berperan terhadap peningkatan profesionalisme, motivasi, dan kualitas pembelajaran guru. Supervisi dilakukan secara kooperatif dan demokratis, meskipun terdapat beberapa kendala seperti waktu pelaksanaan yang mendadak dan rasa grogi guru. Tindak lanjut berupa pembinaan dan pelatihan menjadi bagian penting dalam proses supervisi. Hasil ini diperkuat dengan teori supervisi pendidikan yang menyatakan bahwa supervisi yang baik mampu meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan secara menyeluruh.

References

Bintani, K. (2022). Pentingnya Supervisi di Dalam Pendidikan.

Damanik, R. (2019). Pengaruh Supervisi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(1).

Sukmawati, H. (2017). Fungsi Supervisi Pendidikan.

JUPERAN: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (2022). Analisis Pengaruh Supervisi Pendidikan Terhadap Kualitas Guru, Vol. 1, No. 2, hal. 194–207.

Lubis, W., Simaremare, A., Iriawan, M., Pristanti, N.A. (2025). PROFESI KEPENDIDIKAN. Medan.CV. obelia publisher

Published

2025-06-30

How to Cite

Baringbing, E., Ratno, S., Sianipar, A. M., Pakpahan, A., Purba, A. H., Waruwu, A., & Sinurat, S. M. (2025). Analisis Peran Supervisi Kependidikan terhadap Peningkatan Kualitas Guru di SDS Romalbest. EducanduM, 18(1), 110–114. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/em/article/view/68096

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.