KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA PAPAN OPERASI PECAHAN SENILAI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 WONOKROMO KEBUMEN
Abstract
Keywords : Think Pair Share (TPS) learning Model, Board Operating Fractions
Worth Media, Cognitive Ability.
Abstrak: Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Media Papan Operasi Pecahan Senilai Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa. Kelas IV SD Negeri 01 Wonokromo Kebumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media Papan Operasi Pecahan Senilai terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Negeri 01 Wonokromo Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil analisis terhadap kemampuan kognitif siswa yang dihitung menggunakan uji-t dengan jumlah 17 siswa dengan rata-rata pretest = 32,29 dan postest= 93,42 diketahui berdasarkan perhitungan diperoleh thitung sebesar -12,067 sedangkan ttabel 1,745 dengan df=16, dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 1,745 karena thitung< ttabel yaitu -12,067< 1,745 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan nilai kognitif siswa yang lebih baik antara sebelum (pretest) dan sesudah (postest) yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media Papan Operasi Pecahan Senilai tidak sama. Hal tersebut didukung dengan adanya peningkatan sebesar 61,13 pada hasil kognitif siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Media Papan Operasi Pecahan Senilai, Kemampuan Kognitif
DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v9i1.10580
Article Metrics
Abstract view : 675 timesPDF - 362 times PDF - 362 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rizka Khoeru Nisa, Ferina Agustini, Rofian .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.