ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 066654 MEDAN T.A 2023/2024
Abstract
Penelitian ini dilakuakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat Kompetensi Pedagogik Guru Di Sekolah Dasar Negeri 066654 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 066654 Medan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yang dijadikan informan adalah guru-guru yang ada di SD Negeri 066654 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada tiga instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Milles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, tampilan data dan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian yag diperoleh peneliti yaitu kompetensi pedagogik dalam kategori baik sekali yaitu kompetensi menguasai karakteristik peserta didik dan kompetensi pengembangan kurikulum. Kompetensi dalam kategori baik yaitu kompetensi menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, komunikasi dengan peserta didik dan kompetensi kegiatan pembelajaran yang mendidik. Dan kompetensi dalam kategori cukup baik adalah kompetensi pengemabangan potensi peserta didik dan kompetensi penilaian dan evaluasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru di Sekolah Dasar Negeri 066654 Medan sudah dalam kategori baik.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru.
Full Text:
PDFReferences
Antonius. 2015. Buku Pedoman Guru. Bandung: Yrama Widya.
Azwar, Saifuddin. 1997. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
KBBI, 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (Online, diakses tanggal 18 Oktober 2022)
Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, Ke Profesional Madani. Jakarta: Prenadamedia Group.
Gimin. 1997. Intensitas Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran,. Frekuensi, kompetensi Dasar Mengajar, Dan Formasi Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 4 No 2 Tahun 1996.
Hamijoyo, Santoso. 2002. Status Dan Peran Guru: Akibatnya Pada Mutu Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia Center.
Junawi. 2018. Kompetensi Guru: Citra Guru Professional. Bandung: Alvabeta.
Moleong. 2015. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Reaja Rosdakarya.
Musfah, Jejen. 2015. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Bandung: Kencana.
Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi akademik dan kompetensi guru
Permendiknas Nomor 22 Tentang Standar Isi Untuk Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan RD. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Susilo, M.J. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syaefudin, Udin.2017. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.
Widyastono, Herry. 2015. Pendayagunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pengembangan Pembelajaran dan Manajemen Sekolah Rintisan Penerapan K13. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Article Metrics
Abstract view : 31 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.