PENANAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Penulis

  • TAMI NOPIANTI
  • MITA MAHARANI BERUTU
  • MAWAR AFRIZA
  • SALSABILA AZZAHRA HASIBUAN
  • SEPTIAN PRAWIJAYA

Abstrak

Model Pembelajaran Inkuiri merupakan rangkaian kegiatan belajar dengan mengharuskan siswa dalam upaya menggunakan seluruh kemampuannya untuk melakukan pencarian juga penyelidikan secara sistematis, kritis, logis, analitis. Dengan melakukan hal semacam ini, siswa akan dapat menyimpulkan segala kegiatan yang telah dilakukan dengan rasa percaya diri. Dengan pembelajaran IPA yang memerlukan penguasaan mata pelajaran dan keterampilan berpikir kritis yang tinggi serta pola pikir ilmiah yang sistematis , kemampuan analitis seperti ini sangat penting sehingga proses penanaman konsep pembelajaran IPA  sehingga model pembelajaran Inkuri sangat cocok digunakan terlebih bagi siswa sekolah dasar. Studi ini bertujuan untuk melakukan pengamatan terhadap penanaman konsep pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Inkuiri bagi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur.    

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

NOPIANTI, T., MAHARANI BERUTU, M., AFRIZA, M., AZZAHRA HASIBUAN, S., & PRAWIJAYA, S. (2024). PENANAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(4). Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jisd/article/view/58818