PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE PREMIERE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH TATA HIDANG DI PROGRAM STUDI TATA BOGA FAKULTAS TEKNIK UNIMED
Abstract
ABSTRACT
The aim of this study was to know the effect of using Adobe Premiere-Based Interactive Multimedia on Students’ Tata Hidang This study used experimental quasi, namely the design of the pretest-posttest control group. The results of the study concluded (1) The average of students’ achievement that used modules was 80 and students’ achievement that used Adobe Premiere-Based Interactive Multimedia was 84; (2) students’ achievement that used Adobe Premiere-Based Interactive Multimedia was higher than using modules.
Keywords: Interactive Media, Adobe Premiere, Module, Tata Hidang
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis adobe premiere terhadap hasil belajar mata kuliah tata hidang . Penelitian ini termasuk quasi experimental, yaitu pretest-posttest control group design. Hasil yang diperoleh menunjukkan: (1) hasil belajar menggunakan modul bahan ajar rata-rata M = 79 dengan tingkat kecenderungan berada pada kategori kompeten, (2) hasil belajar menggunakan multimedia interaktif berbasis adobe premiere rata-rata M = 82,8 dengan tingkat kecenderungan berada pada kategori kompeten, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan modul bahan ajar dengan hasil belajar menggunakan multimedia interaktif berbasis adobe premiere. Hasil belajar yang tertinggi adalah yang menggunakan multimedia interaktif berbasis adobe premiere.
Kata Kunci: Media Interaktif, Adobe Premiere, Modul, Tata Hidang
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v18i1.25067
Article Metrics
Abstract view : 187 timesPDF - 88 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.