PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN TANGAN (MANICURE) SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Authors

  • Nurhayati Tanjung Universitas Negeri Medan
  • Siska Wandari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jkss.v19i1.28117

Abstract

ABSTRACTThis research is a type of development research. Data Analysis of the data in this research development using quantitative descriptive analysis, all the data collected were analyzed by quantitative descriptive statistical techniques. The results of the study show that the material expert measurement gets an average percentage of 82.07% in the very good category, and the media expert measurement gets a percentage of 89.37% in the very good category. Therefore, the developed media obtained a very good category with the average score percentage (mean) from material experts and media experts of 85.72%.Keywords: Macromedia Flash 8, Learning Media ABSTRAKPenelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian pengembangan. Data Analisis data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, semua data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa pengukuran ahli materi mendapatkan presentase rata-rata sebesar 82,07% dengan kategori sangat baik, dan pengukuran ahli media mendapatkan presentase sebesar 89,37% dengan kategori sangat baik. Maka dari itu, media yang dikembangkan memperoleh kategori sangat baik dengan presentase skor rata-rata (mean) dari ahli materi dan ahli media sebesar 85,72%.Kata Kunci: Macromedia Flash 8, Media Pembelajaran          

Author Biographies

Nurhayati Tanjung, Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan

Siska Wandari, Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Tanjung, N., & Wandari, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN TANGAN (MANICURE) SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA, 19(1), 26–31. https://doi.org/10.24114/jkss.v19i1.28117