Cover Image

MASALAH SARANA PRASARANA YANG TERJADI PADA EKSTRAKULIKULER KARATE SEBAGAI PENGHAMBAT PRESTASI SISWA DI SD NEGERI 101882

Agung Gultom, Dodi Barus, Ferdinandus Simbolon, Josua Jumagar Situmorang, Albert Ridho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah sarana dan prasarana yang menghambat prestasi siswa pada ekstrakurikuler karate di SD Negeri 101882. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah terkait sarana dan prasarana pada ekstrakurikuler karate di SD Negeri 101882, antara lain kurangnya fasilitas latihan yang memadai, seperti ruang latihan yang sempit dan tidak aman, minimnya alat- alat latihan, seperti target, pelindung, dan seragam yang tidak mencukupi, serta terbatasnya anggaran dana untuk pengembangan ekstrakurikuler karate. Masalah- masalah tersebut berdampak pada motivasi dan kualitas latihan siswa, sehingga menghambat prestasi yang dapat dicapai. Oleh karena itu, diperlukan upaya dari pihak sekolah untuk meningkatkan sarana dan prasarana ekstrakurikuler karate agar dapat mendukung pencapaian prestasi siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v21i2.59706

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA



 
 width=

JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (JKSS)

Published by the Institute for Research and Community Service, Medan State University

Addresss: Jl. William Iskandar Ps. V, New Memories, District. Percut Sei Tuan, Deli Serdang Regency, North Sumatra, Indonesia, 20221

Email: Ksspusdibangks@gmail.com, Administrator Phone: +62-85942206112

Creative Commons License
This is Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.