Cover Image

ANALISIS KASUS INTEGRASI OLAHRAGA DALAM KURIKULUM LAIN SD NEGERI 060913 MEDAN TEMBUNG

Hermon Triboy Purba

Abstract


Integrasi olahraga dalam kurikulum lain telah menjadi topik pembicaraan yang semakin meningkat dalam lingkungan pendidikan modern. Menghubungkan olahraga dengan mata pelajaran lain seperti matematika, bahasa, dan kewarganegaraan, sekolah dapat menciptakan pengalaman pembelajaran lebih holistik dan berkelanjutan bagi siswa. Dalam konteks ini, penelitian bertujuan menyelidiki kasus integrasi olahraga dalam kurikulum lain di lingkungan sekolah menengah. Metode yang digunakan yaitu pendekatan gabungan(mixed methods) yang mengkombinasikan metode kualitatif dan kuantitatif, seperti observasi langsung, wawancara mendalam, kuesioner, dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil pnelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan guru dalam integrasi olahraga dalam kurikulum lain bervariasi, peran orang tua dalam mendukung integrasi olahraga dalam kurikulum lain juga menjadi pola yang diamati, kebutuhan akan pelatihan dan dukungan tambahan untuk guru dalam mengintegrasikan olahraga dalam kurikulum lain juga menjadi pola yang diamati.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v21i1.59787

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
 width=

JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (JKSS)

Published by the Institute for Research and Community Service, Medan State University

Addresss: Jl. William Iskandar Ps. V, New Memories, District. Percut Sei Tuan, Deli Serdang Regency, North Sumatra, Indonesia, 20221

Email: Ksspusdibangks@gmail.com, Administrator Phone: +62-85942206112

Creative Commons License
This is Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.