Cover Image

KASUS KONFLIK ANTAR TIM DI SEKOLAH SDN 060913

Sabrina Abigail, Lewill Rumahorbo, Arya Guna Rafif

Abstract


Penelitian ini membahas perbedaan antara siswa dan siswi ada juga perbedaan pendapat satu dengan yang lain yang dapat membuat siswa dan siswi tersebut konflik satu sama yang lain. Konflik bisa terjadi karena perbedaan dalam pemaknaan yang disebabkan karena adanya perbedaan pengalaman. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apa penyebab terjadinya konflik antar tim dan bagaimana cara menyelesaikan konflik serta membangkitkan kembali semangat. Metode yang digunakan yakni metode penelitian deskriptif kualitatif survei dengan mewawancarai guru olahraga SD NEGERI 060913 untuk mendapatkan informasi tentang bagaiamana mengatasi konflik antar tim di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik antar tim merupakan hal yang tidak dapat dihindari karena hal tersebut melibatkan banyak murid yang mempunyai karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan cara menghindari saling menuduh, menghadapi masalah dengan tenang, saling membantu, menghindari penyebab konflik, bersaing secara sehat, dan saling terbuka di lingkungan tim.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jkss.v21i2.60055

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA



 
 width=

JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (JKSS)

Published by the Institute for Research and Community Service, Medan State University

Addresss: Jl. William Iskandar Ps. V, New Memories, District. Percut Sei Tuan, Deli Serdang Regency, North Sumatra, Indonesia, 20221

Email: Ksspusdibangks@gmail.com, Administrator Phone: +62-85942206112

Creative Commons License
This is Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.