PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA PADA TOPIK INDONESIAKU KAYA ALAMNYA DI KELAS V SDN 028289 BINJAI

Bella Vascha Tirana, Risma Sitohang, Robenhart Tamba, Imelda Free Unita Manurung, Husna Parluhutan Tambunan

Abstract


This research aims to find out and describe whether there is an influence of applying the discovery learning model in science and science lessons in improving the learning outcomes of class V students at SDN 028289 Binjai. This research was conducted at SDN 028289 Binjai in the 2023/2024 Academic Year. The type of research used is experimental research with a quasi-experimental research design. This research used two samples consisting of two classes, namely class V-A as the control class and class V-C as the experimental class with 20 students each. This research uses multiple choice test instruments to measure student learning outcomes and non-test instruments in the form of observations and interviews. The results of this research show that the discovery learning model has an influence in improving students' science learning outcomes as shown through the results of hypothesis test analysis which obtained a significance value of 0.000, which means it is smaller than 0.05 (0.000<0.05). This shows that Ho is rejected and Ha is accepted, so it can be concluded that the application of the discovery learning model can improve students' science and social learning outcomes.

Keywords: Discovery Learning Model, Science and Social Learning, Outcomes Learning


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Akhiruddin. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452-458.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

_________. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berlian, Ujang Cepi. Solekah, Siti. Rahayu, Puji. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3015 diakses pada 13 November 2023.

Dakhi, A. S. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-468. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758/889 diakses pada 13 November 2023.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher

Fajri, Z. 2019. Model Pembelajaran Discovery learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 64-73. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478 diakses pada 13 November 2023.

Ghaniem, Amalia Fitri dkk. 2021. Buku Pengetahuan Alam dan Sosial untuk Sekolah Dasar Kelas V. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan Kenenterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi : Jakarta Selatan

Ghaniem, Amalia Fitri dkk. 2021. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam Sosial untuk SD Kelas V. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan Kenenterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi : Jakarta Selatan

Hanania Ayu, W. 2023. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipas Kurikulum Merdeka Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri.

Hasnan, Syiti Mutia. Rusdinal. Fitria, Yanti. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Discovery learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239-249.

Hosnan. 2014. Pendekaan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia, Bandung.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI No. 262/M/2022. Diakses tanggal 13 November 2023 dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220711_121315_Fix%20Salinan%20JDIH_Kepmen%20Perubahan%2056%20Pemulihan%20Pembelajaran.pdf

Kristin, F., & Rahayu, D. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84-92.

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena, Surabaya.

Meoleong, J. Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.

Maharani, Y. B., & Hardini, I. T. A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (5), 249-561.

Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Riduwan. 2014. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta. Rostina Sundayana. 2015. Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana, Jakarta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

________. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suhelayanti, dkk. 2023. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Langsa: Yayasan Kita Menulis. Tersedia dalam https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/10795/Buku-Referensi-Pembelajaran-Ilmu-Pengetahuan-Alam-dan-Sosial-IPAS.pdf

Sulistiasih. 2018. Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran SD. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sundayana, R. 2018. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanti, A.S., Harjono, N., & Airlanda, G. S. 2018. Perbaikan Proses dan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery learning (DL) pada Sswa Kelas IV SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 670-682.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Triton Prawira Budi. 2006. SPSS 13.0 Terapan Riset Statistik Parametric.Yogyakarta: CV Andi Offset

Undang-Undang No.20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses tanggal 13 November 2023 dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wulandari, Fadilah & Ahmad, Syafri. 2020. Model Discovery learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469-1479.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmpsd.v1i6.61387

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar

width=      

EDITORIAL OFFICE

JURNAL MERAH PUTIH SEKOLAH DASAR (JMPSD)

 

Addresss: Jl. William Iskandar Ps. V, New Memories, District. Percut Sei Tuan, Deli Serdang Regency, North Sumatra, Indonesia, 20221

Email:jurnal_merahputih@unimed.ac.id

Administrator Phone: +62-81389140324