PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP ZAT DI KELAS VII SMP NEGERI 3 HINAI TAHUN AJARAN 2010/2011

David Ganda Tua Naibaho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 3 Hinai berjumlah 40 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui tiga siklus pembelajaran dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran koopertaif tipe Jigsaw ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-2 SMP Negeri
3 Hinai. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata pada setiap siklus, adanya pertambahan jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), dan adanya peningkatan ketuntasan secara klasikal. Peningkatan nilai rata-rata dari kondisi awal ke siklus III yaitu, dari 52,25 (kondisi awal) menjadi 59,25 (siklus I), menjadi 60,53 (siklus II), dan 65,40 (siklus III). Jumlah siswa yang memenuhi KKM yaitu 8 orang pada kondisi awal, menjadi 14 orang pada siklus I, kemudian menjadi 19 orang pada siklus II, dan menjadi 34 orang pada siklus III. Pada kondisi awal ketuntasan klasikal yaitu 20 %, kemudian pada siklus I 35%, selanjutnya pada siklus II 47,50%, dan pada siklus III 85%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil dalam meningkatkan hasil belajar Fisika siswa.

Keywords


model pembelajaran kooperatif, jigsaw, hasil belajar fisika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v3i1.3281

Article Metrics

Abstract view : 673 times
PDF - 839 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.