PEMBELAJARAN MENYIMAK PADA ANAK SD DI RELOKASI SIOSAR
Abstract
Abstrak: Pembelajaran Menyimak Pada Anak SD Di Relokasi Siosar. Tujuan Penelitian Stategis Nasional (PSN) Institusi ini untuk meningkatkan hasil belajar menyimak anak dengan menerapkan media pembelajaran kalender cerita. Metode penelitian ini adalah penelitian eksploratif kualitatif. Sumber data adalah anak korban bencana Sinabung yang direlokasi di Siosar kelas II dan III SD. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yaitu tes unjuk kerja dan lembar pengamatan. Kontribusi penelitian yaitu: agar guru dapat mengevaluasi penyebab rendahnya kemampuan menyimak anak, guru termotivasi untuk membuat media pembelajaran yang inovatif, bagi sekolah dapat memberikan masukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas II dan III SD, dan memberikan pertimbangan dalam pengadaan media pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Pembelajaran menyimak, Anak SD, Relokasi Siosar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11623
Article Metrics
Abstract view : 427 timesPDF - 327 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Nurmayani Nurmayani, Laurensia Masri Pa, Ita Khairani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.