PEMBELAJARAN MENYIMAK PADA ANAK SD DI RELOKASI SIOSAR

Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Nurmayani Nurmayani, Laurensia Masri Pa, Ita Khairani

Abstract


Abstrak: Pembelajaran Menyimak Pada Anak SD Di Relokasi Siosar. Tujuan Penelitian Stategis Nasional (PSN) Institusi ini untuk meningkatkan hasil belajar menyimak anak dengan menerapkan media pembelajaran kalender cerita. Metode penelitian ini adalah penelitian eksploratif kualitatif. Sumber data adalah anak korban bencana Sinabung yang direlokasi di Siosar kelas II dan III SD. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yaitu tes unjuk kerja dan lembar pengamatan. Kontribusi penelitian yaitu: agar guru dapat mengevaluasi penyebab rendahnya kemampuan menyimak anak, guru termotivasi untuk membuat media pembelajaran yang inovatif, bagi sekolah dapat memberikan masukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar  bahasa Indonesia kelas II dan III SD, dan memberikan pertimbangan dalam pengadaan media pembelajaran di sekolah.

 

Kata Kunci: Pembelajaran menyimak, Anak SD, Relokasi Siosar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11623

Article Metrics

Abstract view : 405 times
PDF - 310 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Nurmayani Nurmayani, Laurensia Masri Pa, Ita Khairani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.