CAPLAIRE: INOVASI MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LITERASI SAINS

Lala Jelita Ananda, Lidya Simanihuruk, Suyit Ratno, Vidya Dwi Amalia Zati, Masta Marselina Sembiring

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development (R&D) dimana produk yang dikembangkan adalah Model Pembelajaran “CAPLAIRE” yaitu model pembelajaran IPA berbasis literasi sains bagi mahasiswa PGSD. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini dihasilkan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Sains yang diberi nama CAPLAIRE. CAPLAIRE sendiri merupakan singkatan dari tahapan pembelajarannya, yaitu : Case Investigation (Investigasi masalah), Plan A Solution (Rencana Solusi),  Implementation (Implementasi), dan Reflection/Evaluation (Refleksi/Evaluasi). Hasil uji validitas produk diperoleh 93% sangat layak untuk digunakan di mata kuliah Konsep Dasar Biologi di Prodi PGSD FIP UNIMED.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v8i1.54017

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lala Jelita Ananda, Lidya Simanihuruk, Suyit Ratno, Vidya Dwi Amalia Zati, Masta Marselina Sembiring

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.