ANALISIS PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV SD AL-KHAIRAAT 2 PALU

Authors

  • Ayu Krisma Yanti Universitas Tadulako
  • Rizal Universitas Tadulako
  • Muhammad Aqil Universitas Tadulako
  • Herlina Universitas Tadulako
  • Muhammad Fasli Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i3.64989

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada siswa kelas IV SD Al-Khairaat 2 Palu. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek guru dan siswa kelas IV. Instrumen penelitian berupa observasi dan wawancara, serta analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan dalam enam indikator utama: pemahaman kurikulum, perancang pembelajaran, pendamping, fasilitator, pengembang kreativitas, serta evaluator. Dari 25 sub-elemen, 24 berhasil dijalankan, sementara satu sub-elemen sebagai fasilitator belum optimal karena keterbatasan sarana. Peran guru sangat penting dalam keberhasilan Kurikulum Merdeka, terutama dalam menciptakan pembelajaran yang fleksibel, inovatif, dan berpusat pada siswa. Kata Kunci: Analisis, Peran Guru, implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Yanti, A. K., Rizal, Aqil , M., Herlina, & Fasli, M. (2025). ANALISIS PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV SD AL-KHAIRAAT 2 PALU. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 522–531. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.64989

Issue

Section

Articles