UPAYA MENUMBUHKAN BUDAYA BACA SISWA SD MELALUI GERAKAN “READ (REGULASI, EDUKASI, APLIKASI, DETERMINASI)”

Fahrur Rozi

Abstract


Abstrak : Upaya Menumbuhkan Budaya Baca Siswa Sd Melalui Gerakan “Read (Regulasi, Edukasi, Aplikasi, Determinasi)”. Tujuan kajian ini adalah untuk mencari upaya alternatif menumbuhkan budaya baca khususnya bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Membaca adalah dasar dari pembelajaran di sekolah. Kemampuan membaca berpengaruh besar terhadap mata pelajaran seperti Matematika, Sains, ilmu sosial, Bahasa Indonesia dan mata pelajaran lainnya. Siswa yang tingkat kemampuan membacanya rendah akan mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran lainnya. Maka perlu dilakukan sebuah gerakan untuk membangun budaya baca di sekolah dan masyarakat yang dirangkum melalui sebuah pemikiran dan gagasan berupa gerakan “READ (Regulasi, Edukasi, Aplikasi, Determinasi)” untuk mendukung upaya menumbuhkan budaya baca siswa SD.


Kata kunci : Budaya Baca, Siswa, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9133

Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF - 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Fahrur Rozi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.