PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MATAKULIAH MEMBACA II MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA IKIP BUDI UTOMO MALANG

Authors

  • Nurwakhid Mulyono Ikip budi utomo
  • Lis Susilawati IKIP BUDI UTOMO

DOI:

https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v8i1.20501

Keywords:

Kata Kunci, Media Pembelajaran Hybrid Learning, Membaca II

Abstract

ABSTRAK Penelitian   ini   bertujuan   untuk   menghasilkan   media   hybrid   learning   yaitu   model   pembelajaran   yang   mengkombinasikan  metode  tatap  muka  dengan  metode  e-learning,  serta  melakukan  pengukuran  terhadap  pengaruh  dari  implementasi  media tersebut  terhadap  hasil  belajar  mahasiswa.  Media  hybrid  learning  yang  dikembangkan  ditujukan  untuk  pembelajaran  mata  kuliah  Membaca II  di  di  Prodi  Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang .  Penelitian  dilaksanakan selama 1 Tahun dengan tahapan penelitian yang meliputi penerapan media, pengembangan media,  uji coba media, dan perbaikan  media berdasarkan  hasil  uji  coba.  Hasil  penelitian  menunjukkan  penerapan  media  Hybrid  Learning  sangat cocok diterapkan pada mata kulaih membaca II yang lebih bersifat kuantitatif. Hal ini terlihat dari nilai hasil ujian mahasiswa yang sangat bagus dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Untuk mata kuliah yang bersifat kuantitatif ternyata keberadaan dosen secara fisik masih sangat diperlukan 

References

DAFTAR PUSTAKA

Gagne, Roberts M., Brings, & Leslei, J. (1979). Principles of Instructional Design. New York:

Graham, c.r. Et al. 2016. Developing model and theory for blended learning research. Blended learning: research perspectives, volume 2 (pp. 13-33). new york.

Gecer, aynur dan dag, funda. 2012. Blended learningexperience. Educational sciences: theory and practices. pp. 438-442.

Holt Renehart Gino, H. J., dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran I. Surakarta: UNS Press

Herawati, S. 2011. Blended Learning Untuk Menyiapkan Siswa Hidup di Abad 21, Seminar Nasional 2011 Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Universitas Negeri Malang.

Ivatul, L. K. 2011. Pengembangan Modul Pembelajaran Hybrid Learning Pada Mata Pelajaran Kimia SMA kelas X dalam Materi Hidrokarbon, Bimafika, 2011, 3, 284-291

Kaye T. Blended Learning; How to Integrate Online and Traditional Learning, Kogan Page Limited 2003.

Moh. Uzer Usman & Lilis Setiawati (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pregot, michael v. 2013. The case for blended instruction: is it proven better way to teach?. Us-china education review vol. 3 no. 5. Pp 320-324

Sardiman. A.S., R., & Haryono, Anung, R. (2005). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tyler, K. I., 1958, Discussion in Classroom, McGraw Hill, New York

Published

2022-03-14

How to Cite

Mulyono, N., & Susilawati, L. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MATAKULIAH MEMBACA II MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA IKIP BUDI UTOMO MALANG. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 8(1). https://doi.org/10.24114/edukasi kultura.v8i1.20501

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.