PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH SASTRA LISAN PADA MAHASISWA SEMESTER V JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Ita Khairani, Hera Chairunisa,Masta Marselina, . Erlinda Simanungkali Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v7i2.21995

Kata Kunci:

Sastra, Lisan, Media, Google Classroom

Abstrak

Abstrak Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah sastra lisan pada mahasiswa semester V Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Pembelajaran 2020/2021 dengan menggunakan media google classroom. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi bahasa dan sastra Indonesia semester V (Lima) tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 36 orang.. Kegiatan ini akan dilakukan pada waktu dan tempat sesuai dengan Jadwal perkuliahan mata kuliah Sastra Lisan di jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Desain penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain putaran spiral yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: Kemampuan mahasiswa dalam menulis Sastra Lisan menggunakan google classroom pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 66,5. Sedangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis Sastra Lisan dengan menggunakan google classroom pada siklus 2 menunjukkan nilai rata-rata 81,9. Hal ini membuktikan ada peningkatan antara nilai mahasiswa dalam menulis Sastra Lisan dengan menggunakan google classroom pada siklus I dan siklus II. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan google classroom dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis Sastra Lisan pada mahasiswa semester V Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Diterbitkan

2022-01-24

Cara Mengutip

. Erlinda Simanungkali, I. K. H. C. M. (2022). PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH SASTRA LISAN PADA MAHASISWA SEMESTER V JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. CULTURAL EDUCATION JOURNAL OF LITERATURE AND CULTURE, 7(2). https://doi.org/10.24114/edukasi kultura.v7i2.21995

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.