ANALISIS PENGARUH FITUR LIVE STREAMING TIKTOK SHOP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LULUR BEDDA LOTONG

Shania Amelia Vega, Shania Karibna Bangun, Yesaya Stevan Munthe, Faisal Hafiez Sazali, Carolina Margaretha Silitonga

Abstract


Tiktok live streaming merupakan model pemasaran yang memungkinkan penjual untuk menjual produk sekaligus berinteraksi dengan pembeli secara real time. Fenomena live shopping TikTok bermula ketika TikTok pertama kali memperkenalkan fitur TikTok Shop kepada penggunanya. Dengan fitur ini, penjual dapat menjelaskan lebih lanjut tentang produk yang dijual, kemudian pembeli dapat membuat keputusan untuk membeli produk sesuai dengan kebutuhan mereka. Live streaming dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan keputusan pembelian, yang dapat berdampak positif pada penjualan online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif adalah studi kasus dan analisis konten video live streaming yang ada di TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk mendalami memahami bagaimana fitur live streaming TikTok Shop memengaruhi keputusan pembelian produk Lulur Bedda Lotong dalam konteks yang lebih mendalam. Dari hasil yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa pengaruh fitur live streaming tiktok tersebut membuat pendangan para konsumen yang awalnya ragu memilih produk Lulur Bedda Lotong sebagai produk kecantikan berubah menjadi lebih tertarik untuk membeli dan menggunakannya dengan melalui fitur tersebut konsumen dapat mengetahui informasi tentang produk Lulur Bedda Lottong dari cara penggunaan, ingrediens dan konsumen juga dapat berinteraksi dengan penjual secara langsung melalui fitur live streaming tiktok tersebut.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v16i2.53675

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.