PENGARUH HARGA DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN LIFEBOY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, dan emosional terhadap keputusan pembelian sabun Lifeboy. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB UMA angkatan 2016 yang berjumlah 672 mahasiswa, dalam pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling sehingga dapat ditentukan jumlah sampel sebanyak 87 mahasiswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan rumus analisis regresi berganda, dengan rumus : Y = a0 + b1x1 + b2x2 + e Dari hasil analisis data maka diperoleh persamaan analisis regresi berganda Y = 3,643++. Untuk mengetahui konstribusi variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan koefisien determinasi dengan hasil 9,5%. Hal ini menujukkan bahwa pengaruh harga, dan emosional terhadap keputusan pembelian pada sabun Lifeboy sebesar 9,5%. Untuk menguji hipotesis digunakan uji signifikansi α sebesar 0,05, dan hipotesis diterima karena signifikansi penelitian < 0,05 (0,000<0,05). Kemudian hipotesis dapat dibuktikan dengan menggunakan uji F dan uji t yang masing – masing membandingkan tabel dengan nilai F dan t hitung. Dari uji F diperoleh bahwa nilai F hitung > F tabel (6,918>2,68), dengan menggunakan hasil ini dapat dibuat kesimpulan bahwa ada pengaruh simultan variabel bebas terhadap variabel terikat. ttabel digunakan untuk menghitung pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Nilai t hitung untuk variabel harga adalah 3,150 dan > 1,984 sehingga hipotesis untuk variabel ini diterima. Untuk variabel bebas kedua, emosional telah memperoleh nilai t hitung adalah 2,288 >1,984 dan hipotesis diterima.
Kata kunci: Harga, Emosional, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/plans.v12i2.9573
Article Metrics
Abstract view : 3085 timesPDF - 2672 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.